• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang Rakornas Bersama Presiden, Bawaslu Gelar Rakor Persiapan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Jelang Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bersama Presiden RI, jajaran pengawas pemilihan di 34 provinsi dan pengawas pemilihan di 334 kabupaten/kota dikumpulkan oleh Ketua Bawaslu RI guna menyatukan semangat dan kekuatan songsong Pilkada serentak 2015 serta melaporkan kondisi terkini dari perkembangan pelaksanaan Pilkada di daerah masing-masing.

Ketua Bawaslu RI Muhammad mengatakan sejauh ini masyarakat sudah semakin menghargai kinerja Bawaslu. Bawaslu, kata Muhammad, dianggap mampu memberikan solusi dalam kebuntuan yang terjadi dalam Pemilu. Oleh sebab itu Muhammad meminta jajaran pengawas dari seluruh Indonesia menyatukan kekuatan mendukung penyelenggaraan Pemilu di Indonesia, khususnya dalam Pilkada tahun 2015.

"Jika kita menyatukan kekuatan, kita bisa membuktikan tagline Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia. Mari bersama kita pertahankan dan tingkatkan prestasi yang sudah kita raih," kata Muhammad dalam Rapat Koordonasi Persiapan Rakornas Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota Serentak Tahun 2015 di Hotel Grand Sahid Jaya, Rabu (11/11).

Dalam mengawasi, sambungnya, jajaran pengawas harus tetap dalam satu garis komando Bawaslu RI. Hal ini ditujukan untuk memperkuat lembaga Bawaslu.

"Kita adalah satu-kesatuan. Samakan langkah kita dan jangan ada yang ke luar dari komando. Kalau kita tidak bersatu, bagaimana kita bisa menghadapi gejolak Pemilu di lapangan," tegasnya.

Sementara Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro mengaku optimis Pilkada serentak 2015 akan terselenggara dengan sukses. "Pemerintah sangat peduli terhadap pelaksanaan Pilkada tahun ini menuju Pilkada serentak 2027. Maka ini kesempatan bagi kita untuk menunjukkan kinerja para pengawas dengan turut menjadi bagian dari kesuksesan Pilkada serentak," ujar Gunawan didampingi Kepala Biro Administrasi Dermawan Adhi Santoso dan Kepala Biro Hukum, Humas, dan Pengawasan Internal Ferdinand ET Sirait.

Di samping itu, Gunawan juga mengaku semakin optimis Panwas kabupaten/kota bisa segera permanen. "Kalau kemarin persentase keyakinan saya sebesar 80%, kini sudah meningkat jadi 81% melihat semangat dari rekan-rekan pengawas," kata Gunawan dengan nada sedikit bergurau.

Terakhir, Gunawan mengajak para pengawas untuk menyatukan semangat mengikuti Rakornas bersama Presiden RI yang dilaksanakan Kamis (12/11).

Penulis: Pratiwi Eka Putri
Foto: Abdul Hamid

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu