• English
  • Bahasa Indonesia

Idul Adha 1436 H: Bawaslu Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Ketua Bawaslu RI, Muhammad melaksanakan proses pra penyembelihan hewan kurban di halaman parkir gedung Bawaslu RI, Jum'at (25/9).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1436 H, Bawaslu RI menggelar pemotongan hewan kurban sebagai bentuk kesyukuran dan manifestasi teladan Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s. Sebanyak dua ekor sapi dan satu ekor kambing dipotong di halaman parkir Gedung Bawaslu, Jumat (25/9) siang.

 

Dengan menyebut nama Allah dan dengan iringan takbir, dua ekor sapi dan kambing disembelih di hadapan Ketua Bawaslu RI Prof Muhammad, Pimpinan Bawaslu RI Nelson Simanjuntak, para pejabat beserta staf di lingkungan Sekretariat Jenderal Bawaslu RI.

 

Ketua Bawaslu RI mengatakan, pemotongan hewan kurban ini merupakan perwujudan iman kepada Allah SWT. Namun ia menjelaskan, hakikatnya berkurban adalah untuk menolong sesama atau mendahulukan kepentingan bersama.

 

“Yang terpenting dari kurban ini bukanlah darah dari hewan sembelihan kita, melainkan semangat berkurban kita. Tanamkan dalam diri kurban, ini hanyalah untuk Allah semata dan juga berbagi dengan sesama saudara kita,” ujar Muhammad.

 

Kurban ini, lanjut dia, ditujukan untuk kepentingan orang banyak, kepentingan sesama, dan  kepentingan tetangga. “Sesungguhnya hakikat berkurban adalah mengorbankan pribadi untuk kepentingan yang lebih besar,” tegasnya.

 

Muhammad juga menjelaskan, dalam berkurban, kita mengorbankan sifat-sifat yang tidak baik dalam diri kita. “Kurban itu memotong sifat-sifat yang kadang datang dari iblis maupun setan sehingga kita menyatakan dalam diri kita bahwa kita tidak akan mendekati lagi sifat-sifat tersebut, seperti sifat serakah, mau menang sendiri, dan sombong. Setelah itu akan lahir sifat-sifat yang baik, yang mau bertoleransi, dan yang mau menolong sesama,” jelas Muhammad.

 

 

Jika belum bisa berkurban tahun ini, kata dia, niatkan dalam hati bahwa di tahun berikutnya bisa berkurban. Dua ekor sapi dan satu ekor kambing ini dibagikan ke anak yatim dan kaum dhuafa, masyarakat dan tukang ojek di sekitar Kantor Bawaslu, satpam, office boy, serta teknisi Bawaslu RI.

 

Penulis: Pratiwi E.P

Foto     : Hendru Wijaya

 

 Penyerahan secara simbolis oleh Kepala Biro Administrasi Adhi Santoso bersama Kepala Bagian Umum Dirja Abdul Kadir, Kepala Sub Bagian Ari Susanto Rumah Tangga Kepada Dewan  Kemakmuran Masjid Al - Fuqron yang nantinya di berikan kepada fakir miskin, Jumat (25/9.)
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu