• English
  • Bahasa Indonesia

Gubernur DIY Harapkan Presiden Terpilih Junjung Etika dan Moral

altYogyakarta, Bawaslu- Penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang berkualitas diperlukan sebagai sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dan pemerintahan negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pilpres dilaksanakan dengan tujuan untuk memilih presiden dan wakil presiden yang memperoleh dukungan kuat dari rakyat sehingga mampu menjalankan fungsi kekuasaan pemerintahan dalam rangka tercapainya tujuan nasional.

Demikian dikatakan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Bidang PemerintahanDIY, Sulistyo pada Rakor Stakeholders Pengawasan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 di Yogyakarta, Sabtu (21/6).

“Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD. Salah satu bentuk dari kedaulatan rakyat adalah penyelenggaraan Pemilu untuk memilih Presiden dan Wapres yang dilaksanakan secara demokratis dan beradab melalui partisipasi rakyat seluas-luasnya berdasarkan asas luber dan jurdil,” jelasnya.

Disamping itu,kata Sri Sultan, penyelenggaraan pilpres dimaksudkan untuk menegaskan sistem presidential yang kuat dan efektif dimana presiden dan wapres terpilih memperoleh legitimasi yang kuat dari rakyat. Sehingga seluruh presiden dan wakil presiden pada saat pemilu dilaksanakan untuk menghasilkan presiden dan wapres yang memiliki integritas tinggi, menjunjung tinggi etika dan moral serta memiliki kapasitas dan kapabilitas yang baik.

“Bawaslu dan KPU sebagai penyelenggara Pemilu akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu yang menjamin pelaksanaan hak politik masyarakat serta mempunyai integritas, kapabilitas, dan akuntabilitas,” kata Sri Sultan.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) sangat penting dalam rangka melaksanakan demokrasi di negara kita. Untuk itulah dengan dilaksanakannya rakor stakeholders ini diharapkan dapat tercapai persamaan persepsi dengan para stakeholders terkait pelaskanaan pilpres yang bersih berintegritas dan damai sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Rakor stakeholders ini sekaligus sebagai wadah untuk bertukar pikiran pengetahuan dan informasi tentang kegiatan pilpres sehingga dapat memperkuat integritas dan menguatkan kinerja dalam tahapan Pemilu, demi terwujudnya Pilpres yang demokratis dan transparan, terwujudnya suatu sistem karakterisasi dan mekanisme kepemimpinan nasional yang terbuka dan akuntabel serta dapat memfasilitasi dalam penyampaian aspirasi masyarakat,” harap Sri Sultan.
 

Penulis           : Christina Kartikawati

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 24 September 2019 WIB
To event remaining 3 days
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Bali
Waktu:
Sabtu, 21 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Bali
Waktu:
Jumat, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu