• English
  • Bahasa Indonesia

Finalisasi Modul Bimtek Bawaslu Provinsi dalam Rangka Pilpres 2014

altBogor, Badan Pengawas Pemilu– “Pilpres tiga kali lebih gawat daripada pileg.” Begitulah pernyataan Ketua Bawaslu RI, Muhammad, saat membuka rapat finalisasi modul bimtek provinsi dalam rangka pilpres 2014. Rapat yang diselenggarakan oleh Bagian SDM dan TUP Bawaslu RI pada Sabtu-Senin (12-14/4) di Sahira Butik Hotel, Bogor, dihadiri pula oleh pimpinan Bawaslu RI, Nelson Simanjuntak.

Dalam sambutan pembukaannya Muhammad menekankan netralitas dan integritas pengawas pemilu dalam melaksanakan tugasnya. Ia berjanji akan hadir sebagai pemateri dalam acara bimbingan teknis tersebut untuk mendoktrin para peserta. Komitmen ini dimotori oleh banyaknya kasus pelanggaran yang dilakukan oleh pengawas Pemilu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Delapan buah modul bimtek yang akan diselesaikan adalah: 1. Komitmen Belajar; 2. Nilai-nilai dasar pengawas Pemilu; 3. Tata kelola Bawaslu Provinsi; 4. Tata kelola penyelenggaraan Pemilu presiden dan wakil presiden; 5. Tata kelola pengawasan Pemilu presiden dan wakil presiden; 6. Hubungan kelembagaan dan kehumasan dalam mendorong pengawasan partisipatif; 7. Prosedur penanganan pelanggaran; dan 8. Kajian penanganan pelanggaran.

Muhammad mengharapkan bimtek ini tidak hanya sekedar bimtek, tapi benar-benar bisa melahirkan pengawas pemilu yang netral,  berintegritas, dan lebih menguasai peraturan daripada peserta Pemilu dan penyelenggara Pemilu yang lain.

 

Penulis : M. Agus Saifuddin

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 10 Juni 2019 WIB
Tempat :
Depan Gedung Bawaslu RI
Waktu:
Rabu, 29 Mei 2019 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu Jl. M.H Thamrin 14, Jakarta Pusat
Waktu:
Jumat, 7 Juni 2019 WIB
Tempat :
Cuti Bersama
Waktu:
Kamis, 6 Juni 2019 WIB
Tempat :
Waktu:
Rabu, 5 Juni 2019 WIB
Tempat :

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat