• English
  • Bahasa Indonesia

Enam Penekanan Kapolri di Sentra Gakkumdu, Termasuk Menghilangkan Ego Sektoral

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti menginstruksikan enam hal pada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) agar efektif dan sukses mengawal Pilkada Tahun 2015.

Penekanan pertama, ia meminta agar masing-masing lembaga dalam Sentra Gakkumdu menjaga integritasnya namun tidak mementingkan ego sektoral.

"Sentra Gakkumdu bukan hal yang mudah. Tapi ini bukan hambatan. Saya himbau komitmen dan tekad kinerja terbaik dan menghilangkan ego sektoral menuju Sentra Gakkumdu yang profesional," ujar Badrodin dalam pidatonya yang dibacakan oleh Wakabareskrim Mabes Polri Johny Mangasi Samosir, pada pembukaan Rakor Sentra Gakkumdu, di Jakarta, Rabu (8/7).

Selanjutnya, ia juga meminta agar masing-masing anggota Sentra Gakkumdu memberdayakan posko dengan baik. Dengan begitu maka, peningkatan koordinasi dan komunikasi.

Untuk menghindari komplain atas pengaduan yang disampaikan masyarakat, ia juga meminta agar anggota Sentra Gakkumdu memedomani mekanisme pelaporan atau temuan dan terus mengasah kemampuan.

"Saya juga mengimbau Forum Sentra Gakkumdu untuk selalu mengikuti perkembangan pemilihan kepala daerah dengan seksama dengan mengupdate berita-berita terbaru seputar tahapan Pilkada," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Jaksa Agung Andhi Nirwanto mengatakan bahwa 9 Desember merupakan Hari Anti Korupsi Se-Dunia. Momentum tersebut menjadi pedoman bagi Sentra Gakkumdu untuk menciptakan Pilkada yang bebas dari korupsi.

"Pilkada bukan saja amanat Undang-Undang tetapi amanah dari kedaulatan rakyat. Kejaksaan secara tegas akan berbuat maksimal mengawal dan menjaga pilkada, untuk mendapatkan kepala daerah yang berkualitas," terang Andhi.

 

Penulis : Falcao Silaban/Irwan

Foto: Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu