• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Terima Laporan Dugaan Pelanggaran

altJakarta, Badan Pengawas Pemilu– Saling lapor antara dua pasangan calon presiden dan wakil Presiden terus terjadi. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jumat (20/6) kembali menerima laporan dugaan pelanggaran kampanye dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Kali ini, laporan berasal dari Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 1 (satu) Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, lewat kuasa hukumnya Habiburokhman. Ia melaporkan dugaan pelanggaran kampanye hitam dengan terlapor Wimar Witoelar, kepada Bagian Temuan dan Laporan Pelanggaran Bawaslu, di Jakarta, Jumat (20/6).

Dalam keterangannya, Habiburokhman menjelaskan bahwa postingan gambar yang diunggah oleh akun twitter Wimar Witoelar dinilai menyudutkan Capres dan Cawapres Nomor I (Satu). Oleh sebab itulah, ia melaporkan Wimar dengan dugaan kampanye hitam.

Wimar dilaporkan setelah memposting gambar dengan judul Gallery of Rogues' Kebangkitan Bad Guys'. Foto editan tersebut memajang beberapa tokoh diantaranya Prabowo-Hatta, tokoh-tokoh beberapa parpol dan lembaga keagamaan, Presiden Indonesia kedua Soeharto, dan terpidana kasus terorisme.

Sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad, Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra juga melaporkan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto. Laporan tersebut disampaikan dengan dugaan sama kampanye hitam berupa fitnah terhadap Capres Prabowo.

Wiranto dilaporkan karena dianggap telah melakukan kampanye hitam dengan mengatakan kepada publik bahwa Prabowo merupakan inisiator penculikan aktivis pada peristiwa 1998 silam dan menyebabkan dia diberhentikan dari ABRI (baca: TNI). Kasus ini sudah diregistrasi dengan Nomor 021/LP/PILPRES/VI/2014 tanggal 19 Juni 2014.

Selain itu, Bawaslu juga menerima laporan tentang dugaan Dugaan pelanggaran pemilu yakni melakukan Kampanye hitam dengan menyebarkan buku saku  yang berjudul “Pemurnian Agama (Manifesto Partai Gerindra) Mengancam Keutuhan Umat Islam Indonesia dan Merusak Toleransi Kehidupan Umat Beragama, 10 Alasan memilih Joko Widodo”.

Sementara itu, hingga hari sudah ada sekitar 23 laporan dugaan pelanggaran yang masuk selama tahapan kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Berikut data lengkapnya. Rekapitulasi Laporan Pelanggaran Pemilu

 

Penulis        : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 24 September 2019 WIB
To event remaining 3 days
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Bali
Waktu:
Sabtu, 21 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Bali
Waktu:
Jumat, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu