• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Sulteng Lantik 39 Anggota Panwas Pilkada

Palu, Bawaslu Sulteng – Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melantik 39 anggota Panwas Pemilihan Kabupaten/Kota untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak Desember 2015 mendatang, Kamis (7/5). Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro dan Gubernur Sulteng H Longki Djanggola. Selain itu juga disaksikan oleh tamu undangan dari kalangan eksekutif dan legislatif, pimpinan lembaga terkait, serta insan pers.

Panwas Pemilihan Kabupaten/Kota yang dilantik ini terdiri dari Panwas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di tujuh kabupaten dan satu kota yang akan melakukan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, serta lima kabupaten untuk Panwas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulteng yang dilantik sekaligus.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Provinsi Sulteng Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH, mengatakan anggota Panwas Pemilihan Kabupaten/Kota yang dilantik hari ini merupakan putra-putri bangsa terbaik yang telah melalui beberapa tahapan seleksi sehingga tidak perlu diragukan lagi integritas dan kredibilitasnya dalam melakukan tugas pengawasan pada Pilkada serentak Desember 2015 mendatang.

“Kami menjamin anggota Panwas yang telah dilantik saat ini bisa memberikan pengabdian yang berharga bagi Provinsi Sulteng,” ujar Ratna.

Khusus mengenai anggaran Panwas, Ratna juga menyebutkan bahwa anggaran yang telah tersedia untuk Bawaslu serta jajaran Panwas Pemilihan Kabupaten/Kota, baru pada tingkat provinsi yang telah sampai pada penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama pemerintah daerah. Namun, anggaran tersebut hanya untuk Panwas Pemilihan Kabupaten yang tidak menyelenggarakan Pilkada. Tujuh kabupaten dan satu kota yang sampai saat ini belum mendapat kejelasan dari pemerintah daerah terkait ketersedian anggaran Pilkada untuk Panwas diharapkan segera melakukan koordinasi kepada pemerintah daerah masing-masing.

“Kami berharap pemerintah daerah di kabupaten/kota mempercepat penandantanganan NPHD karena teman-teman Panwas kami akan segera bekerja,” tegas Ratna.

Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro, dalam sambutannya mungucapkan selamat kepada anggota Panwas Pemilihan Kabupaten/Kota yang dilantik. Ia berharap kepada anggota Panwas Pemilihan Kabupaten/Kota agar dapat menyukseskan Pilkada serentak di Provinsi Sulteng. Gunawan juga mengungkapkan rasa bangga karena dari beberapa provinsi yang dihadirinya dalam acara pelantikan, hanya dua provinsi yang dihadiri oleh gubernur, salah satunya Provinsi Sulteng.

“Semoga saudara-saudara anggota Panwas Kabupaten/Kota yang telah dilantik dapat meyakini bahwa saudara-saudara adalah pejuang Pilkada yang harus menyukseskan Pilkada serentak nantinya, khususnya di Provinsi Sulteng,” jelasnya.

Selanjutnya, Gunawan juga berharap Gubernur Sulteng dapat memfasilitasi dan mendukung kerja Bawaslu beserta jajaran Panwas Pemilihan di Kabupaten/Kota, terutama terkait alokasi anggaran yang dibutuhkan dalam melakukan tugas-tugas pengawasan di daerah masing-masing. Harapan yang sama juga diungkapkannya pada Gubernur Sulteng yang saat itu hadir agar berkenan dapat menghibahkan aset daerah yaitu Kantor Bawaslu Sulteng yang saat ini ditempati sehingga Bawaslu RI dapat menyiapkan segala pemeliharaannya serta peningkatannya ke depan. Hal tersebut mengingat Bawaslu Provinsi saat ini telah berstatus permanen.

Sementara itu, Gubernur Sulteng H Longki Djanggola, di awal sambutannya juga mengucapkan selamat kepada anggota Panwas Pemilihan Kabupaten/Kota yang baru dilantik oleh Ketua Bawaslu Sulteng. Longki juga memberikan kesempatan serta aspirasi bagi Bawaslu Sulteng serta jajaran Panwas Kabupaten/Kota agar segera melakukan koordinasi terkait kebutuhan Panwas yang wajib didukung melalui pemerintah daerah sesuai amanat perundang-undangan dalam Pilkada serentak 2015. Sehingga Bawaslu dan Panwas Pemilihan Kabupaten/Kota dapat bekerja lebih baik dan menjamin suksesnya Pilkada serentak di Provinsi Sulteng.

“Saya berharap kepada seluruh Panwas Kabupaten/Kota agar selalu bekerja secara jujur dan adil dalam melakukan tugas-tugas pengawasan pada Pilkada serentak di Provinsi Sulteng,” ujarnya.

Penulis: humas bawaslu Sulteng

Editor  : Ahmad Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu