• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Sosialisasikan Pengawasan Pilkada di Manokwari

 

Manokwari, Badan Pengawas Pemilu - Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) menggelar sosialisasi tatap muka dengan stakeholder dan masyarakat Di Kabupaten Manokwari Papua Barat. Sosialisasi tersebut dilakukan guna menyambut pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang akan dilakukan secara serentak pada Desember 2015 mendatang.
 
Sosialisasi diikuti oleh Bupati Manokwari, Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Manokwari, Panitia pengawas pemilu Manokwari, Tokoh Masyarakat adat setempat dan Pelajar.
 
Sosialisasi bertema pengawasan dan penanganan pelanggaran pilkada tersebut diharapkan mewujudkan terjadinya pilkada yang berintegritas. Bawaslu menghapkan, sosialisasi yang melibatkan semua pemangku kepentingan tersebut sekaligus meningkatkan pengawasan pilkada partisipatif dari masyarakat. 
 
Penyelenggaraan pilkada serentak membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah. Setidaknya 269 provinsi, kabupaten dan kota akan menggelar pilkada. 
 
Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah mengatakan, dalam menyelenggarakan pilkada kesiapan pemerintah daerah menjadi keharusan. Dia mengkategorikan kesiapan tersebut menjadi empat kriteria.
 
"Kata siap dalam pemilihan kepala daerah bisa dilihat pada empat kriteria. Yang pertama pemerintah daerah wajib memberikan fasilitas pada anggaran," kata Nasrullah saat membuka acara sosialisasi di Balai Diklat Papua Barat, Manokwari, Sabtu (9/5).
 
Kriteria kedua, lanjut Nasrullah, pemerintah wajib memfasilitasi sumber daya manusia (SDM). Kriteria selanjutnya, adanya dukungan fasilitas pada sarana dan prasarana  dalam penyelenggaraan pilkada. 
 
"Kriteria keempat atau yang terakhir adalah dukungan menyeluruh dalam kegiatan dan tahapan pilkada," ungkap Nasrullah.
 
Pada kesempatan yang sama, Pemerintah Kabupaten Manokwari, Papua Barat menyatakan kesiapannya mendukung pelaksanaan pilkada serentak pada Desember 2015 ini. Pemkab memastikan dana senilai Rp 30miliar siap digelontorkan untuk pemilihan bupati Manokwari.   
 
"Pemkab Manokwari sudah sangat siap mendukung pelaksanaan pilkada. Kami siapkan Rp 30miliar," kata Bupati Manokwari, Bastian Salabai.
 
Menurut Bastian, dana yang sudah dialokasikan pemerintah daerah diharapkan dapat menunjang fungsi kerja. Yang telah diamanatkan konstitusi kepada KPU sebagai penyelenggara pilkada, Panwaslu sebagai pengawas dan aparat kepolisian yang menjalankan fungsi pengamanan.
 
"Dari Rp 30miliar itu rinciannya silahkan dibagii sesuai kebutuhan KPU, Bawaslu dan pihak keamanan," ujarnya.
 
Penulis : Nofia Herawati
Editor : Ira Sasmita
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu