• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Sosialisasikan Pengawasan Pilkada di Gowa

Gowa, Badan Pengawas Pemilu - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak akan dilakukan pada Desember mendatang. Untuk mendorong terwujudnya Pemilu berintegritas diharapkan penyelenggara mempunyai pemahaman bersama dalam melakukan proses  penyelenggaraan. Usaha untuk membangun persamaan tersebut adalah dilakukannya Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholders dan Masyarakat. Kegiatan yang diselenggarakan tersebut merupakan bentuk Pendidikan kepada Masyarakat agar bisa memahami pengawasan partisipatif Pemilu yang akan menyelengarakan Pilkada serentak di 269 daerah.

Ketua Bawaslu RI, Muhammad mengatakan bahwa Panitia Pengawas Pemilu telah bekerja keras dalam melaksanakan Pemilu kemarin, wajar saja jika kita memberikan apresiasi terhadap para penyelenggara Pemilu yang telah bekerja dengan baik sehingga perjalanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden bisa berlangsung aman dan damai. Bahkan negara Timur Tengah memberikan apresiasi yang baik kepada Indonesia, bagaimana bisa Indonesia yang beranekaragam budaya dan juga bukan negara Islam  namun bisa melakukan demokrasi dengan baik. Sehingga Pemilu di Indonesia bisa dijadikan contoh bagi negara - negara lain dalam hal demokrasi.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Bawaslu oleh Bupati Gowa H. Ikhsan Yasin Limpo,  karena telah mengadakan kegiatan sosialisasi di Kab. Gowa, Sabtu, (25/4). Sosialisasi memberikan pemahaman masing-masing untuk tugas mengawal Pemilu di Kabupaten Gowa. Proses mensukseskan Pemilu memberikan pemahaman terhadap segala aturan main dengan positif dan multi tafsir. Aturan yang sudah ditetapkan diturunkan ke bawah untuk memberikan pemahaman agar terhindar konflik sehingga penting sinergitas KPU, Pemerintah Daerah dan Panwas Pilkada nanti.

Tim sukses diberikan pemahaman mengenai aturan yang tidak multitafsir. KPU dan Panwas memberikan pencerahan mengenai aturan Pemilu ke pihak-pihak stakeholder. Bahkan ada yang Menduga ada penggelembungan wajib pilih di kabupaten Gowa maka perlu tertib dan teliti terhadap operator duk capil sekarang ini. “Partisipasi masyarakatpun penting dalam mensukseskan Pilkada. Anggaran Panwas, minimal layak untuk dianggarkan melihat kondisi surplus pendapatan daerah” kata Bupati Gowa dalam sambutannya.

Muhammad mengatakan bahwa kita harus banyak belajar dari Pemilu kemarin, Karena ke depan kita akan menggelar Pilkada serentak Tahun 2015. Untuk itu kita harus mengenal dan memahami potensi rawan dan potensi masalah apa saja yang akan terjadi. “Memang potensi itu menjadi perhatian bahwa melakukan upaya pencegahan akan lebih baik dilakukan ujarnya.

Sosialisasi ini diikuti oleh peserta dari Kejaksaan, Kepolisian, TNI, Perguruan Tinggi, Pemda setempat dan masyarakat. Acara dibagi menjadi tiga kelas yakni Workshop Penanganan Pelanggaran, Sosialisasi tatap Muka, dan Pendidikan Pengawasan.

Penulis: Bambang S

Editor : Ahmad Ali Imron

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu