• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Siapkan Alternatif, Pemerintah Berikan Solusi selain Mitra PPL

Jakarta, Awaslupadu.Com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah mempersiapkan satu program yang dapat dijadikan sebagai pengganti Mitra PPL yang sampai saat ini belum ada titik terang dari pemerintah. Program Sejuta Relawan Pengawas Pemilu akan menjadi andalan Bawaslu jika akhirnya Mitra PPL tidak disetujui, jelas Ketua Bawaslu, Muhammad yang menyayangkan ketidaktegasan pemerintah mengenai Mitra PPL tersebut.

 

Lambatnya keputusan mengenai Mitra PPL secara tidak langsung telah menghambat manajemen Bawaslu yang tetap memulai melakukan proses persiapan untuk menunjang keberadaan mitra. "Kami tetap persiapkan, baik struktur, sarana dan prasarana Mitra PPL. Jika akhirnya disetujui, kami sudah siap bekerja," tambah Muhammad

Sementara itu, sebagai antisipasi pemerintah memberikan usulan solusi untuk menambah jumlah PPL. Kapuspen Kemendagri, Didik menatakan pembatalan itu lantaran kerumitan yuridis karena Mitra PPL tidak diatur dalam UU Nomor 15/2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu. "Karena itu, kami mengusulkan, agar mitra PPL dihilangkan saja dan sebagai gantinya kami memberi solusi agar pihak Bawaslu menambah jumlah personil PPL di setiap kelurahan dan desa".

Lebih lanjut Didik menjelaskan, penambahan personil PPL lebih rasional karena ketentuan tentang PPL itu memungkinkan untuk ditambah jumlahnya. Apalagi alasan Bawaslu mengajukan usulan Mitra PPL tersebut karena untuk mengatasi kekurangan personil. Menurut undang-undang, mekanisme pemenuhan personil PPL di tiap-tiap kelurahan maksimal lima personil. "Jika setuju dengan usulan tersebut, maka Bawaslu juga tetap melakukan rekrutmen penambahan jumlah PPL. Kami menunggu jawaban Bawaslu".

Menanggapi usulan tersebut, Bawaslu belum sikap. "Kami belum plenokan hal itu," jelas Muhammad lagi.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu