• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Sebut Pilpres di Hongkong Tidak Ada Kecurangan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu Presiden di Victoria Park, Hongkong terjadi tanpa ada kecurangan yang berarti. Ia menyayangkan adanya berita soal banyaknya pemilih yang tidak bisa menggunakan hak suaranya.

"Saya mengawasi langsung Pilpres di Hongkong, dan yang terjadi adalah banyak pemilih yang ingin memilih tetapi jarinya sudah bertinta," ujar Ketua Bawaslu Muhammad, dalam Rekonsiliasi Nasional Pilpres, di Jakarta, Senin (7/7).

Menurut Muhammad, dia sempat menanyakan kepada salah satu pemilih kenapa jarinya sudah bertinta. Mereka menjawab ini hanya bentuk solidaritas terhadap pemilih yang tidak bisa mencoblos. Berita tersebut lalu tersebar di media massa nasional bahwa banyak pemilih yang tidak bisa mencoblos di Hongkong.

"Saya menilai tidak ada pelanggaran berarti yang terjadi di sana. Semua berjalan dengan lancar dan tertib. Tetapi karena media massa memblow up, seakan-akan sudah terjadi masalah besar," tuturnya.

Sebelumnya, di berbagai pemberitaan nasional bahwa terjadi kericuhan dalam Pilpres yang dilaksanakan di Hongkong. Selain itu, menurut info yang beredar bahwa para pemilih datang setelah batas waktu tempat pemungutan suara (TPS) ditutup pukul 17.00 waktu setempat.

PPLN setempat sudah menjelaskan kepada para pemilih bahwa batas waktu pemungutan suara sudah selesai. Pihaknya pun sudah menutup dan tidak bisa lagi untuk membuka pemungutan suara.
Sementara itu, di berbagai pemberitaan media massa, Nelson sudah menjelaskan bahwa pemungutan tidak bisa dilakukan di luar batas waktu yang ditetapkan karena akan menjadi bahan gugatan di kemudian hari.

Penulis : Falcao Silaban

Foto : Metronews.com
 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 24 September 2019 WIB
To event remaining 3 days
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Bali
Waktu:
Sabtu, 21 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Bali
Waktu:
Jumat, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu