• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Peringati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-70

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Tepat pukul 07.00 WIB, seluruh pegawai dan pejabat struktural Sekretariat Jenderal Bawaslu RI berkumpul di halaman parkir gedung Bawaslu guna melaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke - 70, Senin (17/8).

 

Berbeda dengan upacara tahun sebelumnya, kali ini yang bertugas sebagai Inspektur upacara adalah komisioner Bawaslu RI, Nelson Simanjuntak. Sedangkan komandan upacara dipercayakan kepada Kepala Bagian Teknis Pengawasan, Harimurti Wicaksono. Dalam kesempatan itu hadir pula pimpinan Bawaslu RI, Muhammad, Nasrullah, Daniel Zuchron dan Sekretaris Jenderal Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro.

 

Rangkaian upacara diawali persiapan barisan, penghormatan kepada inspektur upacara, pengibaran bendera diiringi lagu kebangsaan, pembacaan teks proklamasi oleh inspektur upacara, pembacaan teks UUD 1945 dan Pancasila, lalu diakhiri pembacaan do’a.

 

Usai upacara, Gunawan Suswantoro menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih Bawaslu yang dinilai berjasa besar dalam penegakan demokrasi di Indonesia. “Selamat untuk ketua Bawaslu RI, ini (tanda kehormatan bintang penegak demokrasi) adalah satu-satunya dan yang pertama kali diterima selama Indonesia merdeka, ”ujarnya.

 

Dia menambahkan bahwa keberhasilan ini merupakan pencapaian besar bagi Bawaslu yang notabene baru berumur tujuh tahun. “Ini adalah keberhasilan kita semuanya, Bawaslu dan seluruh staf jajaran sekretariatnya di seluruh Indonesia yang telah menyumbangkan kepada bangsa bahwa kita telah mewujudkan dan meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia. Itulah sumbangsih Bawaslu untuk bangsa dan Negara,” tutup Gunawan diikuti tepuk tangan seluruh peserta upacara.

 

Seperti diketahui Presiden RI Joko Widodo secara resmi menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Penegak Demokrasi kepada Ketua Bawaslu Muhammad  dan Ketua KPU Husni Kamil Manik di Istana Presiden, Kamis (13/8). Penganugrahan tanda kehormatan tersebut diberikan dalam rangka hari jadi kemerdekaan Republik Indonesia ke - 70.  

 

Selain upacara, Bawaslu juga mengadakan rangkaian perlombaan diantaranya pertandingan futsal, tenis meja, dan bulutangkis antar biro. Diramaikan juga lomba khas 17 Agustusan antar lain makan kerupuk, lari karung, lari kelereng, lomba joget, lomba memasak dan karaoke antar komisioner, pejabat struktural dan para pegawai di lingkungan sekretariat Jenderal Bawaslu.

Penulis : Ali Imron

Foto      : Hendru

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu