• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Optimis Segera Laksanakan Reformasi Birokrasi

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Sebagai upaya menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional di lingkungan Sekretariat Jenderal Bawaslu RI, digelar rapat membahas roadmap reformasi birokrasi tahun 2015-2019 di Kantor Bawaslu RI, Senin (15/6). Rapat yang dihadiri Kepala Biro Administrasi Dermawan Adhi Santoso dan Kepala Bagian Pengawasan Internal Pakerti Luhur tersebut  mengundang Kepala BidangPenyiapanKoordinasi Kebijakan Reformasi Birokrasidan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Kemenpan-RB AgusHarsono.

 

Menurut Agus, memang sudah saatnya Bawaslu melakukan reformasi birokrasi. “Banyak lembaga yang memang belum mau mengajukan reformasi birokrasi disebabkan beberapa alasan, terutama terkait honor yang diterima lebih besar dibandingkan jika dilakukan remunerasi. Namun Bawaslu memang sudah mesti melakukan reformasi birokrasi ini mengingat juga kaitannya dengan tunjangan kinerja,” jelas Agus.

 

Dikatakan Agus, terdapat sekitar 200 kementerian/lembaga dan lembaga non struktural yang belum melaksanakan reformasi birokrasi. “Yang diakomodir lembaga yang selain kementerian/lembaga yang memang diwajibkan melakukan reformasi birokrasi. Yang baru mengajukan sebanyak 81 dan yang sudah disetujui sebanyak 75 lembaga dari 81 tersebut. Empat sudah rampung, dua sisanya termasuk Bawaslu, yang masih dalam proses,” katanya.

 

Saat ini, Bawaslu tengah merampungkan road map reformasi birokrasi. Agus mengharapkan Bawaslu segera merampungkan dan memperbaiki hal-hal yang telah dikoreksi sebelumnya. Road map segera diserahkan ke Kemenpan-RB dan akan diverifikasi. “Tidak dapat dipastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi ini. Bisa satu sampai dua bulan,” ujar Agus.

 

Sementara Kepala Bagian Pengawasan Internal Sekretariat Jenderal Bawaslu RI Pakerti Luhur berkeyakinan reformasi birokrasi ini akan segera terwujud.“Road map yang disusun oleh Bawaslu ini dalam beberapa hari ke depan akan dirapikan dan dalam minggu depan akan diserahkan ke Kemenpan-RB,” tegas Luhur.

 

Ia berharap dukungan dari semua pihak untuk dapat mewujudkan pelaksanaan reformasi birokrasi Bawaslu RI berjalan efektif, efisien, terukur, konsisten, terintegrasi, melembaga, dan berkelanjutan.

 

Kepala Biro Administrasi Dermawan mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Kemenpan-RB untuk mengarahkan perwujudan reformasi birokrasi tersebut. Ia berharap bisa segera selesai. “Mudah-mudahan segera terealisasi,” pungkasnya.

 

Penulis: Pratiwi Eka Putri

Foto    :  Irwan

Editor : Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu