• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Minta Prioritaskan Perpres Mitra PPL

Jakarta, Awaslupadu.Com - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nelson Simanjuntak menegaskan pentingnya Mitra Panitia Pengawas Lapangan (Mitra PPL) untuk mengantisipasi tingginya kecurangan saat proses pemungutan suara. "Kami akan desak pemerintah untuk segera mengeluarkan Peraturan Presiden tentang Anggaran Mitra PPL. Perpres harusnya sudah bisa keluar awal Maret,”

Jika Perpres keluar awal Maret, Bawaslu tidak kesulitan mencari orang untuk direkrut menjadi mitra PPL. Karena menurut Nelson perekrutan mitra PPL yang kompeten tidak bisa dalam waktu singkat. Permintaan anggaran sudah diajukan kepada pemerintah bersama dengan tenaga Linmas oleh KPU. Pembahasannya sejak 2013 untuk diajukan dalam rencana APBN 2014. "Mitra PPL ini kan penting untuk mengantisipasi tingginya kecurangan saat proses pemungutan suara”.

Terkait teknis Mitra PPL, terangnya, akan dibicarakan dengan Komisi Pemilihan Umum yang diperlukan agar Mitra PPL bertugas dengan baik. Mitra PPL tersebut bertugas penuh untuk pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dengan anggaran sebesar Rp. 800 miliar. Mitra PPL bertugas sejak H-1 dari mengecek logistik di TPS hingga H+1 mengawal sampai diterima Panitia Pemungutan Suara.

Pihaknya berharap pembahasan Perpres tentang Anggaran Mitra PPL dan Linmas tidak terpengaruh oleh polemik tentang anggaran dana saksi parpol. Bawaslu dengan tegas menyatakan tidak mau mendistribusikan dana saksi parpol.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu