• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Apresiasi Stakeholders Negeri Lancang Kuning

Pekanbaru, Awaslupadu.com., Badan Pengawas Pemilu – Pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Provinsi Riau sudah memasuki tahapan kampanye. Pada tanggal 4 September mendatang, warga Negeri Lancang Kuning akan memilih pemimpinnya untuk lima tahun ke depan.

Bawaslu menilai, pelaksanaan Pilgub di Provinsi Riau masih sesuai koridor yang sesuai dengan Undang-Undang. Situasi dan kondisi politik masih terbangun dengan sehat. Penilaian tersebut setidaknya berdasarkan pemasangan alat peraga dalam masa kampanye, yang direncanakan berakhir 31 Agustus nanti.



“Saya apresiasi alat peraga tidak semerawut. Saya perhatikan tidak ada pohon-pohon berkepala manusia. Menurut penilaian sementara kami (Bawaslu ,-Red) kondisi dan persaingan politik di Riau masih terbangun secara sehat,” ujar Ketua Bawaslu Muhammad, saat membuka Rapat Koordinasi Stakeholders Pengawasan Pemilu Kada Provinsi Riau Tahun 2013, di Pekanbaru, Kamis (22/8).

Ia membandingkan dengan kondisi politik yang terjadi dalam Pemilu Kada di daerah lain, dimana terdapat kondisi politik yang tidak sehat. Pasangan calon, terlibat aksi saling fitnah, saling hujat, dan saling jegal. Situasi tersebut, salah satunya disebabkan tidak sinerginya antara Stakeholders dalam mengawal Pemilu Kada.

Lebih lanjut, Muhammad juga menilai bahwa kondusifitas politik yang ada di Provinsi Riau, tidak terlepas dari peran aktif Stakeholders di Provinsi Riau. Masing-masing pemangku kepentingan, mampu memainkan peran, sehingga potensi-potensi pelanggaran yang mungkin terjadi, termasuk saling jegal antara pasangan calon tidak terjadi.

“Saya berharap situasi yang sama akan terjadi pada pemungutan dan penghitungan suara, hingga terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur Riau untuk lima tahun ke depan,” tambah Muhammad.

Rapat Stakeholders Pengawasan Pemilu Kada Provinsi Riau Tahun 2013 diadakan untuk mengumpulkan para Stakeholders dalam suatu forum, agar tercipta persamaan persepsi dan tujuan untuk menyukseskan Pemilu Kada Riau ke depan. Hadir dalam acara tersebut, Ketua dan Pimpinan Bawaslu, Asisten I Pemprov Riau, Kajati, Danrem 031/Wirabima, Ketua dan Anggota Bawaslu Riau, Ketua dan Anggota KPU Riau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ormas, dan Media Massa lokal.

Siap Menang Siap Kalah
Sementara itu, Muhammad, juga mengingatkan kepada lima pasangan calon yang bertarung dalam Pilgub Riau, untuk siap menerima kekalahan. Pasalnya, yang terjadi selama ini di beberapa pelaksanaan Pemilu Kada, pasangan calon hanya siap untuk menang saja.

“Komitmen siap menang dan siap kalah, masih merupakan sekedar wacana atau prasasti saja. Prasassti yang berbentuk bukti sejarah dan tidak berarti apa-apa. Karena ternyata peserta hanya siap untuk menang namun tidak siap untuk kalah,” tutur Muhammad.

Hal tersebut ditunjukkan dengan, banyaknya gugatan ke Mahkamah Konstitusi pasca pengumuman hasil pemungutan suara oleh KPU. Artinya, penetapan pemenang Pemilu Kada dilaksanakan oleh MK, dan bukan oleh Penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU.

Sementara itu beberapa pemangku kepentingan di Provinsi Riau menyatakan siap melaksanakan Pilgub Riau yang dilaksanakan pada 4 September nanti. Pemerintah Provinsi Riau menyatakan sudah memberikan fasilitasi yang maksimal terhadap penyelenggara dan penyelenggaraan Pemilu Kada Riau.

“Fasilitasi tambahan yang diperlukan dalam operasional saat ini masih dalam pembahasan di DPRD Riau,” pungkas Kepala Kesbangpolinmas Pemprov Riau Rizka Utama, dalam acara yang sama.

Begitu juga dari aspek penyelenggara Pemilu di daerah. KPU Riau menyatakan, logistik pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara sudah siap 10 hari lebih awal dari target yang ditetapkan. Ini berdampak positif bagi KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan sortir dan pelipatan terhadap surat suara.

“Dengan begitu kita dapat meminimalisasi adanya surat suara yang rusak pada hari H pemungutan suara. Surat suara yang ditemukan rusak, akan segera diganti oleh rekananan tanpa penambahan surat suara sedikitpun,” kata Ketua KPU Riau, T. Edi Sabli.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu