• English
  • Bahasa Indonesia

Antisipasi Mobilisasi Pemilih, Ketua Bawaslu RI Sambangi Daerah Perbatasan

Ketua Bawaslu RI, Muhammad didampingi Kepala Sekretariat dan pimpinan Bawaslu Provinsi Kalimantan Utara tengah berdiskusi dengan aparat TNI yang bertugas di daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia, Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Sebatik, Badan Pengawas Pemilu - Ketua Bawaslu RI, Muhammad, menyambangi Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang merupakan daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Kunjungan tersebut merupakan salah satu upaya Bawaslu dalam mengantisipasi potensi kerawanan pada pemilihan kepala daerah 2015 melalui mobilisasi pemilih di daerah perbatasan.

"Kami melakukan kerja sama dengan pihak terkait untuk mendata TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang keluar masuk dari sekarang sampai tanggal 9 Desember 2015 diperketat," kata Muhammad di sela kunjungannya,  Rabu (18/11).

Menurut Muhammad, lokasi perbatasan diindikasikan sebagai titik rawan untuk memobilisasi TKI yang bekerja di Negara bagian Malaysia. Salah satu modus yang bisa dilakukan oleh pasangan calon kepala daerah adalah menggiring suara para TKI tersebut untuk diarahkan pada pasangan tertentu.

"Nama - nama yang terdaftar kita kroscek kembali ke KPU, apakah nama - nama itu sudah masuk ke daftar KPU atau belum. Kalau belum masuk bisa kita liat, apakah negara Indonesia yang seharusnya berdomisili di wilayah mana, jelas domisilinya kemudian dia belum terferifikasi pada saat pemutahiran data pemilih,” jelas Muhammad.

Untuk saat ini, guru besar Ilmu Politik Universitas Hasanuddin itu melanjutkan, pihaknya telah melakukan pendataan dan melakukan komparasi melalui  kerja sama dengan KPU dan instansi terkait yang bertugas di daerah perbatasan. Untuk memeriksa kembali data terkait TKI yangterdaftar sebagai pemilih namun berdomisili di Malaysia.

"Mudah – mudahan, kita sedang berkoordinasi dengan Polri dan TNI apa yang dihawatirkan tidak terjadi. Karena menurut informasi kemungkinan pemilih yang ada di Malaysia akan di mobilisir untuk kemenangan calon tertentu," ungkap Muhammad.

Sebagai informasi, Pulau Sebatik merupakan perbatasan Republik Indonesia - Malaysia yang menjadi sorotan Bawaslu sebagai salah satu titik dengan potensi terjadi mobilisasi TKI sebagai pemilih. Lokasinya yang berbatasan dengan darat dan laut Malaysia dikhawatirkan menjadi satu tempat yang bisa disalahgunakan oleh pasangan calon untuk mengarahkan suara Pilbup di Kabupaten Nunukan dan Pilgub Provinsi Kalimantan Utara.

 

Penulis dan Foto : Hendru Wijaya

Editor : Ira Sasmita

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu