• English
  • Bahasa Indonesia

Anggaran Pengawasan di Musi Rawas Utara Dipangkas Sepihak

Ketua Bawaslu RI, Prof. Dr. Muhammad, S.IP, M.Si, memberikan arahan pada kegiatan rapat koordinasi stakeholder pengawasan pilkada serentak tahun 2015 di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Lubuk Linggau, Badan Pengawas Pemilu - Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota (Pilkada) serentak hanya tinggal tiga bulan lagi namun anggaran untuk pengawas masih saja menjadi persoalan di sejumlah daerah. Seperti yang terjadi salah satu Daerah Otonomi Baru (DOB) di Sumatera Selatan yakni Kabupaten Musi Rawas Utara. Anggaran yang semula sudah disepakati bersama tiba-tiba dipangkas secara sepihak oleh pemerintah daerah setempat.

Semula anggaran yang disepakati dalam Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Musi Rawas Utara sebesar sembilan miliar. Kemudian belum lama ini dipotong secara sepihak oleh pemerintah daerah menjadi dua miliar.

"Anggaran untuk pengawas di Musi Rawas Utara sudah disepakati di NPHD dan sudah ditandatangani tapi mengapa tiba-tiba bisa dipangkas tanpa pernah membicarakannya bersama Panwas. Ini tidak adil," tegas Ketua Bawaslu RI Prof Muhammad.

Muhammad mengatakan Bawaslu RI akan melaporkan hal ini ke Menteri Dalam Negeri bahkan Presiden RI. Bahkan dengan tegas ia mengatakan akan menunda Pilkada di Musi Rawas Utara hingga 2017 jika tidak ada titik terang.

"Kami akan rekomendasikan ke KPU RI untuk tunda Pilkada di Musi Rawas Utara kalau memang anggaran ini tidak ada perubahan. Jangan dipikir Panwas tidak dibutuhkan sehingga anggaran yang diberikan sedikit," terangnya.

Sepertinya, lanjut Muhammad, memang ada pihak yang sengaja ingin melemahkan pengawasan Pilkada di Musi Rawas Utara. “Kita tidak akan tolerir jika ada pihak yang sengaja melemahkan pengawasan Pilkada. Kalau terus seperti ini, tunda saja sampai 2017,” tandasnya.

Penulis: Pratiwi Eka Putri

Foto: Irwan

Editor: Haryo Sudrajat 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu