• English
  • Bahasa Indonesia

2 Komisioner Bawaslu Jawab Imbauan PPATK, Perbankan Baiknya Dilibatkan Cegah Korupsi Pemilu 2014

Jakarta, Awaslupadu.com. Dua Komisioner Bawaslu akhirnya menjawab imbauan PPATK agar penyelenggara Pemilu menyerahkan nomor rekening. Namun penyerahan nomor rekening dianggap tidak menjamin penyelenggara Pemilu tidak akan terlibat korupsi Pemilu yang bisa dilakukan dengan cara cash money. Untuk itu, Perbankan sebaiknya dilibatkan dalam upaya mencegah korupsi Pemilu.

 

Menurut anggota Bawaslu, Nelson Simanjuntak transaksi korupsi bisa dengan cara cash money yang memungkinkan untuk tidak terlacak PPATK. Kalaupun, misalnya, ada penyelenggara Pemilu yang terlibat korupsi, dia yakin orang tersebut pasti tidak melakukan transaksi melalui rekening bank yang nomornya sudah disetorkan ke PPATK. "Komitmen yang kuat bagi penyelenggara Pemilu untuk mencegah perbuatan yang berpotensi merusak demokrasi, lebih ampuh ketimbang menyerahkan nomor rekening. Semua itu akan bermanfaat kalau ada niat baik dan keteguhan moral dari pada penyelenggara Pemilu untuk tidak korupsi. Lebih mudah lagi, sebaiknya PPATK meminta peran aktif dari pihak perbankan untuk melaporkan transaksi mencurigakan," papar Nelson.

Hal senada juga disampaikan anggota Bawaslu, Daniel Zuchron yang mengatakan saat ini akan sulit bagi penyelenggara Pemilu melakukan tindak pidana korupsi. Alasannya, Pemilu saat ini sangat ketat dengan peserta yang terbatas dan adanya DKPP. "Penyelenggara sekarang jika melakukan transaksi mencurigakan akan limbung dan gagap dalam mengambil keputusan. Mereka akan dihadapkan pada tuntutan Pemilu Jurdil. Saya yakin penyelenggara Pemilu akan lebih hati-hati dan terbuka," jelas Daniel.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SITINJU Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu