• English
  • Bahasa Indonesia

Berita

Penulis : Jaa Pradana
pada : Sabtu, 27 Februari 2021 - 21:41 WIB
Dilihat : 19 kali

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan Bawaslu tingkat provinsi dan kabupaten/ kota untuk tidak santai-santai pada tahun 2021 ini. Dia meminta jajaran pengawas pemilu untuk mengevaluasi gelaran Pemilihan Tahun 2019 dan Tahun 2020 serta menyiapkan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Penulis : Hendi Purnawan
pada : Kamis, 25 Februari 2021 - 14:00 WIB
Dilihat : 502 kali

 Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu Abhan memberikan keterangan dalam sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) tahun 2020 untuk Kabupaten Boven Digoel, Papua di Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam penjabarannya, Bawaslu memandang aturan batasan calon kepala daerah sebagai mantan terpidana adalah telah selesai menjalani pidana kurungan penjara di lembaga pemasyarakatan (lapas). Apabila terpidana tak menjalani penjara, maka menurutnya sesuai Fatwa Mahkamah Agung tak masuk dalam kategori mantan narapidana.

Penulis : Bawaslu Provinsi
pada : Kamis, 25 Februari 2021 - 00:00 WIB
Dilihat : 140 kali

Batam, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo berharap penyidik dan jaksa penuntut umum (JPU) Sentra Gakkumdu  melekat dalam sekretariat Bawaslu. Pemikiran ini terungkap berdasarkan data penemuan 56 pelanggaran yang ditemukan di enam kabupaten kota di Kepri dalam kegiatan Rapat Evaluasi Sentra Gakkumdu pasca Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Penulis : Bawaslu Provinsi
pada : Minggu, 21 Februari 2021 - 00:00 WIB
Dilihat : 336 kali

Batam, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu  Mochammad  Afifuddin mengimbau  pengawas pemilu jangan khawatir  melakukan kerja-kerja pengawasan, penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pemilu/pemilihan karena takut akan digugat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Untuk itu, dia menyarankan ketika bekerja senantiasa berpedoman pada aturan dan peraturan perundang-undangan.

 

Penulis : Bawaslu Provinsi
pada : Minggu, 21 Februari 2021 - 00:00 WIB
Dilihat : 302 kali

Tanjungpinang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menyampaikan  penyelenggaraan pemilihan kepada daerah (pilkada) sampai kegiatan pengawasan pada masa pandemi berlangsung dinamis dan inovatif.

 

Penulis : Bawaslu Provinsi
pada : Jumat, 19 Februari 2021 - 18:00 WIB
Dilihat : 465 kali

Karanganyar, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Ketua Bawaslu Abhan menghadiri rapat evaluasi Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Dalam kesempatan itu dia membandingkan regulasi dalam UU Pilkada dengan UU Pemilu diantaranya soal penanganan pelanggaran.

Abhan menyatakan Bawaslu masih melihat sisi kelemahan dan kelebihan dalam regulasi UU 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota atau UU Pemilihan yang harus disikapi dengan bijak.

Penulis : Andrian Habibi
pada : Rabu, 17 Februari 2021 - 12:29 WIB
Dilihat : 843 kali

Kota Batu, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro memberikan penghargaan dalam pengelolaan keuangan Bawaslu tingkat provinsi dalam tiga kategori. Menurutnya penghargaan diberikan guna mengapresiasi kerja keras satuan kerja (satker) Bawaslu Provinsi.

Penulis : Bawaslu Provinsi
pada : Rabu, 17 Februari 2021 - 00:00 WIB
Dilihat : 559 kali

Tanjungpinang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung bersama Anggota Bawaslu Rahmat Bagja melakukan kunjungan kerja dalam rangka reses masa persidangan III tahun sidang 2020-2021 ke Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungan kerja itu dilakukan di Gedung Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Kepri Dompak, Senin ( 15/02/2020 ).

 

Penulis : Andrian Habibi
pada : Selasa, 16 Februari 2021 - 21:30 WIB
Dilihat : 653 kali

Jawa Timur, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menegaskan Bawaslu mampu memenuhi harapan rakyat melalui kerja-kerja pengawasan dan penegakan hukum. Lembaga pengawas pemilu juga mampu menjaga kepercayaan mengelola uang negara. Ini dibuktikan dengan raihan lima kali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penulis : Andrian Habibi
pada : Selasa, 16 Februari 2021 - 13:47 WIB
Dilihat : 681 kali

Jawa Timur, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengharapkan Bawaslu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-6 tahun ini. Bawaslu sudah meraih lima penghargaan WTP atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Kita harus medapatkan WTP tahun ini,” katanya saat membuka kegiatan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Bawaslu Tahun 2020 di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, Senin (15/2/2021).

Halaman

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SITINJU Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu