• English
  • Bahasa Indonesia

Tangani Pelanggaran dan Sengketa Pemilu, Bawaslu Harus Obyektif

Banjarmasin, Bawaslu - Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Wirdyaningsih mengatakan, Bawaslu mempunyai fungsi pengawasan yang subtansinya mengawasi proses jalannya setiap tahapan Pemilu, harus bertindak tegas dan adil dalam melihat segala permasalahan terutama penanganan pelanggaran.

“Bawaslu sebagai Pengawas Pemilu harus obyektif dalam mengatasi masalah atau pelanggaran sengketa Pemilu,” katanya, saat menjadi narasumber dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penanganan Pelanggaran Sengketa Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014 di Banjarmasin, Kamis malam (20/2).

Menurut Wirdyaningsih, Bawaslu memiliki kemampuan untuk dapat memetakan serta menganalisa bentuk-bentuk konflik atau pelanggaran Pemilu. Ketika Bawaslu menjadi pihak penengah bagi pihak-pihak yang bersengketa, tentu saja dapat membantu penyelesaian masalah informal yang akan terjadi.

Wirdyaningsih menyoroti berbagai hal yang terjadi selama ini. Menurutnya, di Indonesia sangat sering terjadi, hal-hal yang sederhana atau sepele yang harusnya bisa diselesaikan dengan mudah, namun biasanya proses penyelesaiannya lebih rumit dan melalui prosedur hukum.

Dalam penyelesaian sengketa Pemilu, kata Wirdyaningsih, ada proses mediasi yang bersifat rahasia (tertutup). Seorang mediator sengketa harus bisa menyelesaikan masalah secara teknis dengan mencari jalan penyelesaian masalah, ketika Jalan masalah sudah buntu.

Pada kesempatan lain, Heriyanto, Tim Asistensi Bawaslu mengatakan, Bawaslu sedang menyusun Peraturan Bawaslu terkait penanganan pelanggaran dan sengketa Pemilu. Karena itu, Bawaslu membutuhkan masukan dari Bawaslu Provinsi atau Panwaslu Kabupaten/Kota terkait regulasi tersebut. *** (hms/ir/fs/sap)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu