• English
  • Bahasa Indonesia

Peringatan Hari Pahlawan, Dewi: Pengawas Pemilu Harus Jadi Pahlawan Demokrasi

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Minggu 10 November 2019/Foto: Irwan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengajak para pengawas pemilu merenungi momentum peringatan Hari Pahlawan. Menurutnya, nilai-nilai perjuangan para pahlawan harus dijadikan semangat dalam menghadapi hajatan Pilkada 2020.

"Bawaslu harus menjadi lembaga pengawal proses demokrasi serta menjadi pahlawan demokrasi," sebut Dewi yang bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2019).

"Jadilah pahlawan pahlawan di mana pun kita berada agar semangat dan nilai-nilai perjuangan para pahlawan akan selalu menjadi inspirasi untuk mengukir prestasi kita bekerja," tambahnya.

Dia mengingatkan, Bawaslu telah sukses menjadi pengawal demokrasi pada pelaksanaan Pemilu 2019. Dirinya meminta jajaran pengawas bisa mengulang prestasi serupa dalam Pilkada 2020. Baginya memang tak mudah sehingga, Dewi meminta para pengawas pemilu untuk selalu menjaga nilai-nilai profesionalisme, netralitas, dan integritas.

"Kerja keras, kerja serius dan kerja fokus bagi seluruh jajaran Bawaslu sangat dibutuhkan agar publik tetap meletakan harapan bahwa Bawaslu menjadi satu-satunya lembaga yang bisa dipercaya untuk mengawal proses pemilu di Indonesia," cetus perempuan bergelar doktor hukum dari Universitas Tadulako itu.

Dewi menegaskan, perubahan regulasi dan perubahan dinamika politik merupakan hal yang biasa di negeri ini. Akan tetapi, satu hal yang tidak boleh berubah bagi lembaga pengawal proses demokrasi adalah integritas dan komitmen untuk menjaga proses pemilu bisa berlangsung dengan jujur dan adil.

"Keberhasilan-keberhasilan yang didapat Bawaslu saya kira tidak terlepas dari komitmen kita semua," pungkasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu