• English
  • Bahasa Indonesia

Orientasi PNS dan CPNS Bawaslu Bangun Motivasi dan Integritas

Bogor, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia melaksanakan orientasi bagi pegawai negeri sipil (PNS) Bawaslu tahun 2013 dan peserta lulus seleksi pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014 di Bogor, pekan ini.

Dalam sambutannya Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro menyampaikan, maksud dan tujuan dari orientasi ini yaitu untuk mendapatkan pemahaman dan pola pikir yang sama bahwa sebagai PNS Bawaslu  harus siap melayani masyarakat.

Diharapkan PNS Bawaslu RI dapat membangun pondasi integritas dalam menjalankan tugasnya sebagai jajaran pengawas pemilu. Perlu diketahui dari 32 PNS angkatan 2013 selama masa percobaan 1 tahun, ada yang bermasalah.

“Dengan sangat terpaksa saya berhentikan satu orang karena telah melanggar nilai integritas sebagai CPNS Bawaslu. Siapapun yang melanggar nilai integritas, perilaku tidak baik sebagai CPNS maka saya akan mengambil sikap tegas dengan memberhentikan yang bersangkutan sebagai PNS atau CPNS,” tambah Gunawan.

Tujuan dari orientasi ini sangat penting untuk membangun kekompakan, pengertian, saling mengenal antara CPNS Bawaslu Tahun 2014 agar menjadi satu keluarga dan menjadi birokrat Bawaslu.

Selain itu Gunawan mengatakan, ada strategi menjadi PNS yang efektif dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru, yaitu undang-undang No. 5 tahun 2014, bahwa kesempatan menjadi pejabat struktural di lembaga atau kementerian berdasarkan undang-undang ASN itu hanya ketika posisi eselon I dan II, karena eselon III dan IV pada prinsipnya telah dihapus.

“Nantinya, perkuat dan kembangkan fungsional masing-masing. Dengan begitu maka posisi pejabat struktural akan semakin cepat diraih,” ungkap Sekjen.

Penulis          : Irwan

Editor             : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu