• English
  • Bahasa Indonesia

Libatkan Anak dalam Kampanye, Bawaslu Segera Panggil Presiden PKS

altJakarta, Bawaslu– Badan Pengawas Pemilu akan  memanggil Presiden dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta terkait pelanggaran kampanye keterlibatan anak-anak yang ikut dalam  berkampaye.  Rencananya,Anis Matta akan diminta keterangannya terkait dugaan pelanggaran akibat pernyataannya yangmengatakan bahwa melibatkan anak  anak dalam  kampanye merupakan pendidikan politik sejak dini.

 “Dalam waktu yang dekat dalam satu dan dua hari ini kita akan memanggil Preseiden PKS Anis Matta untuk di minta keterangannya dan ditindaklanjuti,” 

ujar Ketua Bawaslu Muhammad pada saat konferensi  Pers  di Gedung Komisi InformasiPusat,di Jakarta,Selasa (18/3).

Muhammad mengatakan, pihaknya akan mengkaji dan menindaklajuti terkait pelanggaran kampaye terbuka yang dilakukan oleh beberapa partai politik melakukan kampanye yang melibatkan anak-anak, termasuk  mengajak secara aktif.

“Sanksinya adalah administrasi,kalau memang dilakukan berkali-kali  maka bisa menjadi sanksi pidana,” ujarnya.

Lanjut Muhammad mengatakan bahwa,  agar Komisi Pemilihan Umum  (KPU) menindaklajuti   terhadap partai politik yang melakukan pelanggaran melibatkan anak anak dalam kampanye partai  politik.  Ia juga mengungkapkan tidak hanya dari partai PKS saja, namun ada beberapa partai politik peserta pemilu lain yang ikut melanggar.

“Untuk itu Bawaslu memandang agar  perlu mengkaji dan menidak lanjuti terhadap pelanggaran tersebut dan memberi rekomendasi kepada KPU terkait pelanggaran tersebut,” ujarnya.

Sementara itu Komisioner KPU Ferry KurniaRiskyansyah siap menerima rekomendasi Bawaslu atas keterlibatan partai politik yang melakukan pelanggaran pemilu pada ranah pelanggaran administrasi untuk ditindaklanjuti “KPU akan menerima rekomendasi Bawaslu terkait pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh partai politik,” ujarnya

Seperti diketahui,  PartaiPKS melakukan kampanye terbuka  di Gelora BungKarno,Minggu (16/3).Pada saat itu, banyak sekali anak-anak yang terlibat dalam kampanye. Namun, yang paling disayangkan adalah saat Presiden PKSmengatakan bahwa pelibatan anak anak merupakan bentuk  pendidikan politik sejak dini dan berdalih tidak ada salahnya jika melibatkan anak-anak ikut kampanye partai politik.

 

Penulis : Hendru Wijaya

Editor    : Falcao Silaban

 

alt

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 17 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Friday, 14 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Thursday, 13 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H. Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Wednesday, 12 June 2019 WIB
Tempat :
Geudng Bawaslu, Ruang sidang A dan B Jl. M.H Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Tuesday, 11 June 2019 WIB
Tempat :
LAP 02/LP/PL/ADM.RI/V/2019 AGENDA : PEMBACAAN LAPORAN PELAPORAN, JAWABAN TERLAPOR DAN PEMERIKSAAN SAKSI

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat