• English
  • Bahasa Indonesia

Launcing Sejuta Relawan Pengawas Pemilu Jambi

Jakarta, Awaslupadu.com. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Pemilu serta Launching Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Perguruan Tinggi dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam rangka Gerakan 1 (Satu) Juta Relawan Pengawas Pemilu di Jambi, Kamis (14/11).

Kegiatan kerja sama Pengawasan Pemilu antara Organisasi Masyarakat (Ormas) Sipil dan Perguruan Tinggi di Provinsi Jambi tersebut, sebagai peningkatkan pengawasan partisipatif dengan Gerakan 1 (satu) Juta Relawan Pengawas Pemilu di Provinsi Jambi, sebagai bentuk kerja sama antar lembaga serta kesiapan pranata kelembagaan Pengawas Pemilu tahun 2014.

Acara tersebut dihadiri oleh, Pimpinan Bawaslu Nasrullah, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi. R, Kepala Sub Bagian Protokol Bawaslu RI Iris Pramono dan Pejabat dan Staf Bawaslu Provinsi Jambi beserta jajaran dari Panwaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Hadir sebagai narasumber, Wakil Rektor III Universitas Jambi Afrizal Lukman, Rektor Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha, Syaifuddin, Rektor Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha, Prof. H. Hadri Hasan, Rektor Universitas Batanghari Jambi H. Fachruddin Razi, Ketua STIE Muhammadiyah Jambi, Sjofjan Hasan, Ketua DPW Pemuda Muhammadiyah Jambi Fahmi Rizal Gadin, dan Ketua DPW Nahdatul Ulama Jambi H. Abdul Kadir Husein.

Pimpinan Bawaslu Nasrullah dalam sambutannya menegaskan, untuk mewujudkan pemilu yang bersih, berkualitas dan bermartabat, diperlukan titik poin yang perlu di dikedepankan untuk Proses Pemilu 2014 yang akan datang. Ia mengatakan dengan meletakkan nilai etik dan moral adalah salah satu dasar yang harus ditanamkan pada penyelenggara Pemilu.

"Meletakkan nilai - nilai etika dan moral sebagai basis fundamental pada penyelenggaraan pemilihan umum," ujarnya pada saat memberikan sambutan pembukaan acara Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Pemilu serta Launching Penandatanganan MoU dengan Perguruan Tinggi dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam rangka Gerakan 1 (Satu) Juta Relawan Pengawas Pemilu.

Menurut Nasrullah, bangsa ini masih di wilayah titik nadi yang terendah, karena belum meletakkan nilai - nilai etika dan moral sebagai pedoman yang harus dipegang.

"Oleh sebab itu kita harus menekankan prinsip kemandirian. Prinsip kemandirian itu adalah mutlak tanpa terkecuali," ujarnya

Nasrullah menambahkan sebagai Penyelenggara Pemilu yang mempunyai tugas pengawasan harus memiliki tiga unsur yang harus dipenuhi yaitu, Profesional, Transparan, dan Akuntabel.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi dalam sambutannya mengatakan, untuk memberikan pemahaman mengenai prosedur Pemilu dan rendahnya kesadaran pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilu diperlukan pencapaian pengawasan partisipatif dengan upaya penyataan persepsi diantara para stakeholder dan sekaligus meningkatkan kesadaran untuk berani adanya indikasi pelanggaran, terutama pada pelaksanaan tahapan Pemilu.

"Pendidikan politik dan memperkenalkan Bawaslu kepada masyarakat, agar masyarakat mengenal dan memahami tugas dan peran serta Bawaslu dalam menjalankan tugas pengawasan Pemilu," ujarnya

Wakil Rektor III Universitas Jambi Afrizal Lukman mengatakan pada sambutanya, memberikan apresiasi serta dukungan pada Bawaslu Provinsi Jambi untuk melakukan rekrutmen Gerakan 1 (satu) Juta Relawan Pengawas Pemilu.

Ia juga menghimbau agar para mahasiswa serta pelajar yang merupakan calon pemimpin bangsa harus berperan aktif pada Pemilu 2014 yang menjadi harapan besar sebagai terpilihnya calon pemimpin Bangsa.

"Peran mahasiswa seharusnya buka saja mengawasi proses penyelangaraan pemilu, namun mencerdaskan masyarakat merupakan tugas mahasiswa sebagai agen perubahan," pungkasnya.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu