• English
  • Bahasa Indonesia

Kemlu: Buku Saku Permudah Pengawasan di LN

altTangerang, Bawaslu – Badan Pengawas Pemilu dan KelompokKerja (Pokja) Pengawas Pemilu Luar Negeri mengadakan pembahasan Finalisasi Buku Saku Pengawas Pemilu Luar Negeri dalam rangka Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014, Kamis (1/5), di Tangerang, Banten.

Dalam sambutan pembukaan, Inspektur Jenderal Kementerian Luar Negeri (Irjen Kemlu), Ibnu Said menyambut baik pembuatan buku saku Pengawas Pemilu Luar Negeri dalam rangka Pilpres 2014.

“Yang terpenting adalah buku saku ini dapat bisa menjelaskan secara tepat dan jelas apa-apa saja yang dilakukan dalam Pemilu meskipun sudah memahami peraturan-peraturan yang ada. Sebagai buku saku tentunya padat informasi, mencakup kegiatan mulai dari perencanaan hingga penyelenggaraan Pemilu,” ujar Ibnu.

Hadir dalam pembahasan finalisasi buku saku pengawas pemilu luar negeri antara lain, Pimpinan Bawaslu, Endang Wihdatiningtyas, InspekturJenderal (Irjen) Kemlu, Ibnu Said, Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenlu, Bambang Antarikso,  Kepala Biro Administrasi Bawaslu, Adhi Santoso, Kepala Bagian SDM Bawaslu, Roy Siagian, Pokja Pengawas Pemilu Luar Negeri antara lain, Umar Badarsyah, Teguh R. Tobing, Suyoto Herjan, Aan Djaman, Sugiri, Budiman Gultom, Dedi Supriyadi, Tenaga Ahli Bawaslu, Mulyadi dan Ahsanul Minan, serta Tim Asistensi Bawaslu.

Irjen Kemlu, Ibnu Said menjelaskan pula bahwa tujuan pembuatan buku saku adalah untuk memudahkan bagi pelaksanaan pengawasan dalam Pemilu dan mengharapkan dalam menyusun buku saku hendaknya mencermati apa saja yang bisa menimbulkan kecurangan-kecurangan dalam Pemilu dan menyamakan persepsi tentang arti pentingnya menyusun buku saku pengawas Pemilu Luar Negeri.

“Paling tidak bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan, agar Pemilu dapat berjalan sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber dan Jurdil),” harapnya.

Senada dengan Ibnu Said, Sekretaris Inspektorat Jendral Kemlu, Bambang Antarikso mengatakan bahwa dalam konteks pengawasan, buku saku yang baik adalah buku saku yang sifatnya praktis yang menjadi pedoman pengawasan Pemilu.

Penyusunan buku saku pengawas Pemilu luar negeri yang akan berlangsung hingga Sabtu (3/5) membahas Sistimatika Buku Saku Pengawas Pemilu Luar Negeri terdiri dari pendahuluan, pengawasan pemilu presiden dan wakil presiden di luasr negeri – pengalaman pengawasan tahun 2009 dan potensi masalah di 2014, manajemen penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014, tugas dan kewajiban Panwas LN dalam pengawasan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Manajemen Pengawasan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Mekanisme Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Penguatan Manajemen Administrasi Panwas LN. 

 

Penulis    : Christina Kartika

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 17 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Friday, 14 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Thursday, 13 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H. Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Wednesday, 12 June 2019 WIB
Tempat :
Geudng Bawaslu, Ruang sidang A dan B Jl. M.H Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Tuesday, 11 June 2019 WIB
Tempat :
LAP 02/LP/PL/ADM.RI/V/2019 AGENDA : PEMBACAAN LAPORAN PELAPORAN, JAWABAN TERLAPOR DAN PEMERIKSAAN SAKSI

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat