• English
  • Bahasa Indonesia

Kampanye di luar Jadwal, Tim Advokasi Pasangan Prabowo-Hatta Laporkan Pasangan Capres Jokowi-JK ke Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Tim advokasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo-Hatta melaporkan pelanggaran kampanye di luar jadwal yang dilakukan oleh pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Jusuf Kala saat pengundian nomor urut pasangan Capres dan Cawapres ke Badan Pengawas Pemilu, Senin (2/6).

Saat pengundian nomor urut pasangan calon Capres dan Cawapres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-JK mendapatkan nomor urut dua dan setelah penetapan nomor urut, pasangan calon Jokowi-JK secara terang-terangan mengajak untuk memilih nomor urut dua yang mengusung calon pasangan Jokowi-JK. Ajakan tersebut disampaikan dengan sangat lugas, “Untuk menuju Indonesia yang harmoni, penuh keseimbangan, pilihlah nomor urut dua.”

Sementara di halaman KPU tim kampanye Jokowi–JK di bawah Pimpinan Politisi PDIP Aria Bima memutar lagu Jokowi-JK yang liriknya berbau kampanye dan diikuti tari-tarian dengan menggunakan pengeras suara milik KPU. Aksi tersebut nyaris menyulut keributan karena dilakukan dengan sangat provokatif di depan tim kampanye pasangan calon Prabowo-Hatta.

“Kami menganggap baik Jokowi maupun tim kampanyenya telah melanggar dua aturan kampanye dalam Undang-Undang Nomor 42 tahun 2008 tentang pemilu Presiden dan Wakil Presiden,”  Ujar juru bicara tim advokasi pasangan calon Prabowo-Hatta, Habiburahman di Kantor Bawaslu RI Jakarta.

Menurut mereka, Bawaslu harus bertindak tegas dan tidak ragu dalam menegakan aturan pemilu. Bawaslu harus secepatnya memanggil Komisioner KPU untuk meminta penjelasan terkait fasilitas yang digunakan oleh tim kampanye Jokowi saat berkampanye di luar jadwal.

“Mencari dukungan adalah hal yang wajar, namun kita semua memiliki tanggung jawab yang lebih besar yakni menjaga agar pemilu Presiden dan Wakil Presiden bisa terus dalam iklim yang kondusif, sehingga rakyat bisa benar-benar menikmati pesta demokrasi lima tahunan ini,” tambah Habiburokhman.

Penulis : Irwan
Editor : M. Agus Saifuddin

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu