• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang Kampanye Rapat Umum, Bawaslu Konsolidasi Internal

altJakarta, Bawaslu –  Pelaksanaan Pemilu 2014 yang akan dihelat pada9 April tinggal menghitung hari dan Pemilu dianggap sudah memasuki siaga satu. Bawaslu sebagai lembaga yang mengawasi pemilu, harus berubah ke arah yang lebih positif, efektif, fokus, serius dan terukur di waktu yang sangat terbatas.

“Kita harus lebih memperkuat pengawasan. Jangan menunggu orang dari luar untuk memperbaiki kinerja kita,” kata Ketua Bawaslu, Muhammad saat menghadiri rapat terkait Konsolidasi Program menyongsong Pemilu 2014 di Kantor Bawaslu RI Jakarta, Senin (17/3).

Selain itu Muhammad juga mengatakan Koordinasi Bawaslu RI dengan Bawaslu Provinsi terkait laporan yang diberikan, maka tim Asistensi Bawaslu harus mengambil peran yang telah dibagi korwilnya. Selain itu, Tim Asistensi harus mempunyai peta untuk bisa mengukur atau melihat Provinsi yang posisinya dianggap merah (rawan), kuning (agak rawan), atau hijau (aman) yang ada indikatornya. Untuk daerah yang rawan, maka Bawaslu dapat menerjunkan tim untuk melakukan supervisi di sana.

Terkait laporan dari beberapa Panwaslu Kabupaten/Kota yang bertugas mengawasi di setiap daerah kelurahan/desa, Bawaslu menganggap masih nihil laporan. Oleh sebab itu, Bawaslu harus lebih tegas dalam menghadapi Panwaslu yang nakal dan bila perlu kasih surat peringatan, sehingga diharapkan tidak ada lagi ada laporan nihil.

Selain itu Muhammad juga memerintahkan agar peran Hubungan Masyarakat (Humas) di Bawaslu RI diperkuat. Menurutnya Humas merupakan perwajahan Bawaslu di luar.

“Orang tidak perlu datang ke Bawaslu untuk mencari informasi tentang kinerja Bawaslu kalau humas nya bekerja dengan sangat baik,” tambahnya.

 

Penulis           : Irwan

Editor             : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu