• English
  • Bahasa Indonesia

Dana Kampanye Pilpres Jadi Fokus Pengawasan

altJakarta, Badan Pengawas Pemilu-  Guna menyelaraskan tugas dan tanggungjawab Pengawasan Pemilu di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia maka Bawaslu perlu menyusun peraturan tentang Pengawasan Tahapan Pencalonan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 sesuai dengan asas mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib penyelenggaraan Pemilu, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efesiensi, dan efektivitas.

Pentingnya payung hukum adalah agar Bawaslu beserta jajarannya bisa melaksanakan tugas pencegahan dan penindakan secara jujur, adil, professional dan independen. Oleh sebab itu Bagian Hukum Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia menyusun peraturan Bawaslu dalam menghadapi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, terutama dalam hal rekening khusus dana kampanye.

Endang Wihdatiningtyas mengatakan dalam kesempatan ini, bahwa rekening khusus dana kampanye itu tidak hanya di tingkat nasional namun juga ada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, oleh karena itu pengawasan rekening khusus dana kampanye tersebut harus sampai tingkat provinsi dan kabupaten/kota juga.

“Perlu diingat bahwa nantinya calon dari peserta pemilu bukan hanya didukung oleh tim pemenangan melainkan juga ada dari relawan dan belum tentu relawan – relawan itu dikehendaki oleh Capres dan Cawapres  peserta Pemilu, namun begitu relawan tetap melakukan kegiatan,” ujarnya.

Kegiatan itu juga meliputi aktivitas keuangan yang mungkin cukup besar, karena relawan butuh dana untuk melakukan kegiatan dan ini bisa menjadi celah. Relawan banyak melakukan kegiatan dengan dana yang melebihi aturan dan bisa bebas dari jeratan hukum. Menurut Endang, kerja sama antar lembaga diperlukan untuk memantapkan pencegahan dan penindakan selama tahapan pencalonan pemilu Presiden dan Wakil Presiden berlangsung.

“Jangan sampai ada peraturan bawaslu yang bersifat mengatur secara materil apa yang harus dilakukan dalam penyelenggaraan Pilpres,” jelasnya.

 

Penulis           : Wisnu Broto

Editor             : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 17 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Friday, 14 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Thursday, 13 June 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H. Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Wednesday, 12 June 2019 WIB
Tempat :
Geudng Bawaslu, Ruang sidang A dan B Jl. M.H Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Tuesday, 11 June 2019 WIB
Tempat :
LAP 02/LP/PL/ADM.RI/V/2019 AGENDA : PEMBACAAN LAPORAN PELAPORAN, JAWABAN TERLAPOR DAN PEMERIKSAAN SAKSI

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text