• English
  • Bahasa Indonesia

Daerah Harapkan Pilkada 2015 Terkawal dengan Baik

Padang, Badan Pengawas Pemilu - Rangkaian kegiatan Bawaslu RI dalam menghadapi pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2015 mulai berjalan. Kali ini Bawaslu RI mengadakan kegiatan  sosialisasi melalui tatap muka kepada stakeholders dan masyarakat tentang pengawasan dan penanganan pelanggaran di kota Bukittinggi dan Kabupaten Tana datar Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut dilakukan mengingat tingginya tingkat pelanggaran dan kecurangan yang terjadi selama ini dalam pelaksanaan pemilihan umum Kepala Daerah dan kurang maksimalnya pemahaman tentang aturan Pemilu oleh petugas pengawasan.

Pimpinan Bawaslu RI, Endang Wihdatiningtyas saat membuka acara ini di Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Sabtu (11/4) mengatakan bahwa sosialisasi yang bertujuan untuk mensukseskan Pilkada yang bersih dan bebas dari berbagai kecurangan dan pelanggaran ini akan dilaksanakan dalam tiga kelas, yakni kelas sosialisasi, kelas pengawasan dan kelas penanganan pelanggaran dan sengketa Pemilu, yang masing-masing kelas diikuti oleh peserta sesuai dengan tugas dan kewenangannya.

Berbicara tentang pengawasan Pemilu, Endang mengatakan bahwa Bawaslu tidak akan sukses tanpa adanya kerjasama antar instansi terkait dan masyarakat dalam menjalin hubungan kerja, selain itu Endang juga mengharapkan setelah ini Bawaslu yang dibantu oleh masyarakat dan instansi terkait dapat melakukan pencegahan dini terhadap pelanggaran Pemilu, karena mencegah itu lebih baik daripada melakukan penindakan setelah adanya pelanggaran.

Pada kesempatan tersebut KPU Bukittinggi yang diwakili oleh Komisioner Divisi Hukum, Tanti Endang Lestari menyebutkan Keterlibatan aktif KPU Bukittinggi dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pelanggaran yang dilaksanakan oleh Bawaslu RI, diharapkan dapat memperkuat sinergi kerja antar penyelenggara Pemilu untuk kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di 2015 ini.

Sementara itu pada kegiatan hari kedua di gedung pertemuan kantor Pemerintah Kabupaten Tanah datar, Minggu, (12/4), Bupati Tanah Datar, M. Shadiq Pasadigoe yang juga ikut hadir menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat penting, agar seluruh kegiatan selama proses Pilkada dapat terkawal dengan baik dan aman. Dia juga meminta kepada seluruh peserta agar melaporkan seluruh pelanggaran dan kecurangan kepada Bawaslu supaya dapat cepat ditindak sebelum ada pihak-pihak yang merasa dirugikan.

Berkaitan dengan kesiapan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menghadapi Pilkada serentak tahun 2015, Sekda Provinsi Sumbar, Ali Asmar menyatakan bahwa Pemprov Sumbar sudah secara intensif melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi serta Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat sebagai penyelenggara teknis.

Menurut Ali, Koordinasi yang dilakukan ini selain dalam rangka mempersiapkan anggaran juga terkait dengan pemutakhiran data kependudukan serta penyiapan kesekretariatan di tingkat Kabupaten, Kota, kecamatan dan desa. Dia juga berharap pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota pada bulan Desember 2015 yang akan datang dapat berjalan dengan aman dan sukses dengan tingkat partisipasi pemilih yang cukup tinggi.

Peserta sosialisasi ini diantaranya dari tokoh adat, tokoh agama, organisasi masyarakat keagamaan, organisasi pemuda, partai politik, dan pelajar.  Acara sosialisasi di dua daerah tersebut juga dihadiri oleh para pimpinan daerah, Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, KPUD dan Panwaslu setempat serta pimpinan Instansi terkait.

Penulis: Ahmad Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu