• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak Mahasiswa Unhas Ikut Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu

altJakarta, Bawaslu– Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Muhammad menerima kunjungan rombongan mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Politik Universitas Hasanuddindan meminta mereka untuk terlibat dalam gerakan sejuta relawan pengawas Pemil, di ruang rapat, Gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat (25/4).

Dalam pertemuan tersebut Ketua Bawaslu, Muhammad menjelaskan mengenai lembaga Bawaslu dimana salah satu tugas Bawaslu adalah memastikan warga negara yang memenuhi syarat itu berhak memilih, memastikan pemilu ini diharapkan tidak ada pelanggaran, menekan pelanggaran dan memastikan bahwa Pemilu itu jujur dan adil.

“Kita memastikan bahwa Pemilu itu jujur dan adil. Tugas Bawaslu memastikan warga negara yang memenuhi syarat itu berhak memilih, memastikan pemilu ini diharapkan tidak ada pelanggaran, dan  menekan pelanggaran. Bawaslu berharap Pemilu Presiden ini harus lebih baik daripada pemilu legislatif,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu mengajak mahasiswa Pasca Sarjana Unhas untuk berpartisipasi dalam gerakan sejuta relawan pengawas Pemilu (GRSPP), dimanagerakanini melibatkan mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan sejuta relawan pengawas Pemilu dan menjadi mitra Bawaslu dalam melakukan pengawasan Pemilu.

“Akan lebih baik lagi bila mahasiswa tidak hanya tahu teori tentang Pemilu tetapi akan lebih komprehensif lagi bila tahu praktiknya.  Program GRSPP itu sangat positif bagi mahasiswa dalam melakukan pengawasan Pemilu,” jelasnya.

Selanjutnya dalam pertemuan tersebut Ketua Bawaslu berharap agar parpol peserta Pemilu dengan kesadarannya bisa menjadi lokomotif untuk mengajak masyarakat melakukan praktik-praktik Pemilu dengan santun, tanpa money politics.

“Parpol-parpol di Indonesia diharapkan orientasinya tidak pada rekrutmen, bagaimana mendapatkan kursi, mendapatkan suara sebanyak-banyaknya, dan terkadang menghalalkan segala cara. Parpol harus memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat dengan cara membawa gagasan dan menyalurkan aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan,” tandasnya.

 

Penulis: Christina Kartikawati

alt

Keterangan

Ketua Bawaslu Muhammad menerima perwakiland mahasiswa dari Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar. Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Gedung Bawaslu, Jumat (25/4) tersebut, Muhammad mengajak mahasiswa untuk menjadi relawan Pengawas Pemilu. [Foto: Christina Kartikawati]

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu