• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Bawaslu: Pentingnya Penguatan Kapasitas SDM Pengawas Pemilu

Banjarbaru, Badan Pengawas Pemilu - Ketua Bawaslu RI Abhan mengingatkan pengawas pemilu untuk menumbuhkan semangat kebersamaan antar pengawas Pemilu, mencegah dan mengantisipasi semua paham dan tindakan radikalisme yang dapat mengganggu stabilitas daerah dan masyarakat.

Share

Gerakan Banten Bisa Wujud Nyata Bawaslu Jaga Integritas Pemilu 2019

Serang, Badan Pengawas Pemilu – Bawaslu Provinsi Banten menggelar deklarasi Gerakan Banten Bisa demi mewujudkan Pemilu 2019 yang damai dan berintegritas. Deklarasi yang mengambil tema “Hentikan Politik uang dan Ujaran Kebencian” itu dihadiri Anggota Bawaslu M Afifuddin dan seluruh penyelenggara pemilu se-Provinsi Banten.

Share

Bawaslu Ajak Caleg Perempuan Pahami Proses Pemilu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo menyatakan, menghadapi Pemilu 2019, banyak calon legislatif perempuan yang belum memahami mekanisme proses pemilu. Calon legislatif perempuan menjadi salah satu peserta pemilu yang sangat rentan untuk dicurangi.

Share

Jelang Kampanye, Bawaslu Ingatkan ASN Netral

Pangkalpinang, Badan Pengawas Pemilu- Jelang masa kampanye pada 23 September mendatang, Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja mengingatkan para ASN untuk tidak terlibat dalam segala aktivitas kampanye peserta Pemilu 2019, baik calon legislatif maupun calon presiden dan wakil presiden.

Share

Demi Data Pemilih Bersih, Perpanjang Waktu Perbaikan DPTHP

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menemukan 1.400.931 kegandaan data pemilih dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 melalui proses pencermatan selama 10 hari pascarekapitulasi DPT Nasional Pemilu 2019, 5 September 2018 lalu. Dari jumlah tersebut, 647.464 pemilih dihapus berdasarkan rekomendasi Bawaslu.

Share

Bawaslu Rekomendasikan Perpanjangan Waktu Perbaikan DPT Pemilu 2019

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu merekomendasikan perpanjangan waktu kepada KPU terkait perbaikan untuk melakukan penyempurnaan terhadap Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilu 2019 hingga 26 September 2018.

Share

Iklan Pemerintah Bukan Kampanye

Palembang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menegaskan iklan pemerintah yang ditayangkan di bioskop adalah iklan layanan masyarakat, bukan kampanye. Hal itu disebabkan tahapan kampanye Pemilu 2019 dimulai 23 September 2018.

Share

Bawaslu Imbau Kampanye Tertib

Palembang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu imbau pimpinan partai politik (Parpol) di daerah Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan, agar berkampanye sesuai aturan dan tertib. Bawaslu juga mengimbau peserta pemilu tidak berkampanye sebelum tahapan kampanye dimulai yaitu 23 September 2018.

Share

Ini Imbauan Ketua Bawaslu Jelang Dimulainya Tahapan Kampanye Pemilu 2019

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Jelang dimulainya tahapan kampanye Pemilu 2019 pada 23 September 2018, Ketua Bawaslu RI, Abhan mengimbau kepada seluruh peserta Pemilu untuk berkampanye secara beretika dan mencerdaskan pemilih. Peserta diingatkan untuk tidak menggunakan politik adu domba dalam berkampanye.

Share

Pengawasan Akurasi Data Pemilih Langkah Nyata Bawaslu Kawal Hak Pilih Masyarakat

Semarang, Badan Pengawas Pemilu – Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin menyarankan KPU dan Dukcapil duduk bersama berkoordinasi terkait akurasi data pemilih Pemilu 2019. Dengan begitu, diharapkan persoalan DPT ganda bisa diminimalisasi. Diakui Afif, KPU melakukan pendataan pemilih melalui coklit (pencocokan dan penelitian) dengan pengawasan langsung Bawaslu.

Share

Halaman

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 21 September 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
KPU RI, Jakarta
Waktu:
Jumat, 21 September 2018 - 18:30 WIB
Tempat :
Berita Satu, Jakarta
Waktu:
Jumat, 21 September 2018 - 10:30 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI
Waktu:
Jumat, 21 September 2018 - 17:30 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 20 September 2018 - 18:30 WIB
Tempat :
TV ONE, Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu