• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Gelar Raker Samakan Pemahaman dalam Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019

5 Desember 2017

Palangka Raya, Badan Pengawas Pemilu - Dalam rangka memperkaya dan memperdalam pengetahuan tentang tata cara penyelesaian sengketa proses Pemilihan Umum 2019, Bawaslu RI menggelar Rapat Kerja (Raker) Pendalaman, Pemahaman Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu 2019, di Palangka Raya, Senin (4/12/17) hingga Rabu (6/12/17).

Anggota Bawaslu RI sekaligus Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Rahmat Bagja menilai pentingnya dilakukan Raker terkait tata cara penyelesaian sengketa Pemilu. Menurut Bagja, kesempatan seperti ini bisa dijadikan ajang menimba ilmu dan pengetahuan jajaran pengawas daerah yang nanti akan menjadi mediator atau adjudikator dalam menyelesaikan perkara sengketa Pemilu.

"Intinya harus ada keseragaman dalam tata cara penyelesaian sengketa proses Pemilu di semua jajaran pengawas Pemilu," kata Bagja saat memberikan sambutan pada Raker tersebut.

Dalam menangani sebuah perkara sengketa pada proses Pemilu nanti, lanjut Bagja, jajaran pengawas Pemilu, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota harus mengedepankan kepentingan bersama. Selain itu, jajaran pengawas juga harus jeli dan teliti dalam mengambil sebuah keputusan.

"Saya harap apapun hasil putusannya nanti tidak menimbulkan kegaduhan dan perpecahan. Jika terdapat kondisi yang tidak diinginkan, segera koordinasi dengan pihak Kepolisian," tegas Bagja.

Pun demikian, tempat yang akan dijadikan ruang sidang, menurut Bagja, harus memadai. Tempat dalam menyelesaikan sebuah perkara sengketa Pemilu nanti harus nyaman bagi pemohon, termohon, ataupun pihak terkait.

Hadir pula pada Raker ini Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, Ketua dan Anggota Bawaslu Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. Hadir selaku peserta seluruh Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota ditiga Provinsi (Kaltim, Kalteng, Kalbar) berjumlah 114 orang.

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami