• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ingatkan Keberhasilan Pilkada Jadi Tanggung Jawab Bersama

18 Oktober 2017

Parigi Moutong, Badan Pengawas Pemilu -Bawaslu RI menggelar sosialisasi tatap muka kepada pemangku kepentingan (stakeholder) dan masyarakat dalam persiapan Pemilihan Gubernur, Bupati Dan Walikota Tahun 2018 di Sulawesi Tengah, Rabu (18/10/2017), di Kabupaten Parigi Moutong. Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo mengingatkan, keberhasilan Pilkada di Parigi Moutong menjadi tanggung jawab semua pemangku kepentingan.

"Semua yang ada di sini terlibat dalam proses pelaksanaan Pilkada. Oleh karena itu tanggung jawab keberhasilan Pilkada di sini bukan hanya tanggung jawab penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) tetapi tanggung jawab kita semua. Karena kepala daerah nanti yang akan terpilih itu bukan kepala daerah penyelenggara Pemilu, melainkan pemimpin masyarakat di sini," jelas Dewi.

Dewi menjelaskan, Pilkada dilaksanakan di wilayah yang sangat luas, mencakup wilayah administratif Parigi Moutong dan akan melibatkan masyarakat yang memenuhi syarat untuk memilih dan melibatkan parpol sebagai partai pengusung calon bupati dan wakil bupati atau calon perseorangan.

Dewi juga menekankan, kedudukan semua stakeholder sejajar yakni sebagai pemilih yang memegang kedaulatan untuk digunakan dalam pemilihan. "Proses Pemilu yang didesain di dalam konstitusi dan UU kita lakukan setiap lima tahun punya makna penting untuk menempatkan masyarakat sebagai pemegang kedaulatan," ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Dewi, pendidikan politik yang diberikan oleh penyelenggara maupun oleh kelompok-kelompok masyarakat terutama oleh partai politik, harus dilakukan secara kontinu dan beradab. Beradab dalam arti proses transfer ilmu atau pengalaman berpolitik yang baik itu harus dilakukan secara terus-menerus. Rakyat tidak boleh dijadikan objek sesaat setiap pemilihan lima tahunan tetapi harus diletakkan sebagai pemilik kedaulatan.

"Bawaslu mengambil peran untuk melakukan sosialisasi dalam rangka melakukan hal yang sama. Kepentingan kami sebagai lembaga pengawas Pemilu adalah agar seluruh unsur masyarakat termasuk pemerintah daerah menjalankan fungsi dan perannya masing-masing untuk menyelamatkan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati di Parigi Moutong," tegasnya.

Sosialisasi tatap muka ini dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Ruslan Husen, Anggota Bawaslu Provinsi Sulteng Sutarmin D. Hi. Ahmad dan Zatriawati, Kapolres Parigi Moutong AKBP Sirajuddin Ramly, Asisten III Pemda Kabupaten Parigi Moutong Veyz D Karanja, Tenaga Ahli Bawaslu Abdullah Iskandar, Ketua Panwas Kabupaten Parigi Moutong Mukhlis Aswad, Anggota Panwas Kabupaten Parigi Moutong Iskandar Madani dan Muhammad Rizal, Ketua KPU Parigi Moutong Amelia Idris, Panwas Kabupaten Morewali, Partai Politik, organisasi masyarakat, Kepala SMA, tokoh adat dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, pelajar pemilih pemula di Kabupaten Parigi Moutong.

Parigi Moutong ini merupakan salah satu dari 34 daerah yang dilaksanakan Sosialisasi Tatap Muka. Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan Pilkada Serentak Tahun 2018 yang salah satunya akan dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong. Di Sulteng sendiri akan dilaksanakan pemilihan di Kabupaten Parigi Moutong, Morowali, dan Donggala.

Penulis/Foto: Christina Kartika
Editor : Pratiwi

Informasi Publik

Regulasi

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami