• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Sosialisasi Tatap Muka kepada Stakeholders dan Masyarakat di Bali

10 Oktober 2017

Denpasar, Badan Pengawas Pemilu- Sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam melakukan pencegahan dan penindakan, Bawaslu menjadi salah satu kunci atas berlangsungnya tahapan Pemilu yang berintegritas. Mewujudkan pelaksanaan Pemilu yang berintegritas dimulai dengan menyusun strategi dan perencanaan pengawasan, pencegahan, dan penindakan yang baik.

Hal ini disampaikan Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar pada kegiatan Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholders Dan Masyarakat Pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2018 di Ruang Pertemuan UPT Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Selasa (10/10/2017).

"Keberhasilan pelaksanaan Pilkada tidak bisa dibebankan hanya kepada Bawaslu. Seluruh pihak dapat dijadikan mitra kerja oleh Bawaslu. Bahkan menjadi sebuah kebutuhan bagi Bawaslu untuk dapat mengikutsertakan banyak pihak sebagai usaha untuk menyukseskan pengawasan Pemilu. Kelompok masyarakat dapat memberikan pendidikan mengenai betapa pentingnya proses demokrasi ini kepada setiap masyarakat pemilih," jelas Koordinator Divisi Hukum Bawaslu tersebut.

Bawaslu, sambungnya, menyadari bahwa dukungan seluruh elemen bangsa terutama masyarakat dalam melaksanakan pengawasan Pemilu sangat dibutuhkan untuk mewujudkan demokrasi substantif, yakni penerapan prinsip demokrasi dalam penyelenggaraan Pemilu yang tidak hanya bertopang pada kepatuhan prosedural semata namun juga pada nilai-nilai substantif dari Pemilu itu sendiriPeningkatan kepeloporan masyarakat dalam pengawasan partisipatif menjadi prioritas Bawaslu.

"Oleh karena itu melalui kegiatan program sosialisasi tatap muka dengan pemangku kepentingan di daerah yang melaksanakan Pilkada 2018, Bawaslu bermaksud untuk meningkatkan pemahaman dan memperluas pengetahuan kepada masyarakat publik terkait tugas, kewajiban, dan kewenangan Bawaslu pada proses pelaksanaan Pilkada," tegas Fritz.

Sosialisasi tatap muka dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Rudia, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali I Gede Putu Jaya Suartama Kepala Sekretariat Bawaslu Bali Ida Bagus Putu Adhinata, Tenaga Ahli Bawaslu Sulastio, Kepala Bagian Sosialiasi Feizal Rahman dan diikuti peserta antara lain dari unsure KPU Provinsi, Kabupaten/Kota se Bali, Sekretaris Daerah se Provinsi Bali, Kepala Kesbangpol se Provinsi Bali, Kepala Satpol PP se Provinsi Bali, Ketua Partai Politik, Kapolda Bali, Kapolres, Ketua DPRD se Provinsi Bali, Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Kejaksaan Negeri, organisasi masyarakat, Pimpinan Redaksi baik cetak maupun elektronik se-Provinsi Bali.

Penulis/Foto: Christina Kartika

Editor : Pratiwi

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami