• English
  • Bahasa Indonesia
  • Perkecil
  • Normal
  • Perbesar

Bawaslu Sosialisasikan Pengawasan Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu Tahun 201

9 Oktober 2017

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Sebagai bagian dari pelaksanaan fungsi pencegahan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019 di Jakarta, Senin (9/10/2017). Kegiatan ini mengundang 73 partai politik yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Kegiatan ini merupakan salah satu agenda Bawaslu dalam rangka pengawasan Pileg Pilpres 2019. Peserta yang diundang adalah seluruh partai politik yang terdaftar di Kemenkumham," kata Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu (TP3) Bawaslu, Bernad Dermawan Sutrisno saat menyampaikan laporan panitia kegiatan Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019. Sosialisasi dibuka oleh Ketua Bawaslu Abhan, dan dihadiri pula oleh Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo dan Mochamad Afifuddin, Kepala Bagian Sosialisasi Feizal Rachman, Kepala Bagian Humas dan Antar Lembaga, pejabat struktural lainnya dan jajaran staf Bawaslu.

Sejak dibuka pada 3 Oktober 2017, setiap parpol yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memiliki waktu hingga 16 Oktober 2017 untuk melakukan pendaftaran. Selanjutnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan penelitian administrasi pada 17 Oktober - 15 November 2017. Partai politik diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan dan penyampaian hasil penelitian administrasi pada 16 November - 15 Desember 2017.

Setelah itu, proses verifikasi faktual dengan memeriksa langsung data partai ke lapangan dilakukan pada 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018. Jika perbaikan harus dilakukan parpol, maka verifikasi kembali dilakukan pada 21 Januari hingga 3 Februari 2018. Berdasarkan penelitian dan verifikasi ini, parpol peserta Pemilu 2019 akan ditetapkan pada 17 Februari 2018.

Bernad menjelaskan, kegiatan ini diadakan untuk mensosialisasikan program-program pengawasan Bawaslu dan kesiapan pengawasan jajaran pengawas pemilu di daerah, serta kesiapan pengawasan di tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu Tahun 2019.

penulis/foto: haryo/nurisman

Informasi Publik

Regulasi

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami