• English
  • Bahasa Indonesia

Sambangi Bawaslu, DPRD Kabupaten Langkat Pelajari Pengawasan Pilkada

13 September 2017

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu RI menerima kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, di Kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin Nomor 14 Jakarta, Rabu (13/9).

Rombongan wakil rakyat yang berjumlah 13 orang ini diterima oleh Kepala Biro Hukum, Humas, dan Pengawasan Internal (H2PI) Bawaslu, Ferdinand Eskol Tiar Sirait dan didampingi Kepala Bagian Humas dan Antar Lembaga Hengky Pramono, Kepala Bagian Perencanaan Triono, Kepala Bagian Temuan Laporan Pelanggaran (TLP) Yusti Erlina, dan Tenaga Ahli Bawaslu Masykurudin Hafidz.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Langkat, Sapta Bangun dalam kesempatan kunjungan kerja ini menyampaikan maksud dan tujuan menyambangi Bawaslu. Ia mengatakan, kedatangan rombongan DPRD ke Bawaslu yaitu ingin berkonsultasi terkait pengawasan Pilkada di daerah kabupaten Langkat yang akan berlangsung pada 2018 nanti.

"Tolong beri pemahaman kepada kami di jajaran DPRD Langkat tentang bagaimana proses yang dilakukan dalam pengawasan Pilkada, mencegah terjadinya kecurangan Pemilu baik yang dilakukan oleh penyelenggara maupun peserta, serta pengawasan DPRD terhadap Panwaslu kabupaten dalam menjalankan tugas dan fungsinya," jelasnya.

Masykurudin Hafidz, Tenaga Ahli Bawaslu menanggapi yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Langkat. Ia mengungkapkan, Bawaslu dari tahun ke tahun terus-menerus dipercaya oleh DPR dan Pemerintah dengan diberi kewenangan yang diperkuat dalam melakukan pengawasan Pemilu.

Selain itu, Masykur menegaskan, kunci keberhasilan Pemilu tidak hanya ada di tangan penyelenggara namun juga ada di tangan anggota yang duduk di legislatif. "Kami rasa Bapak-Bapak yang duduk di DPRD Langkat ini yang akan menjadi tonggak awal untuk menentukan kualitas Pilkada Langkat nanti," ujar Masykur.

Bawaslu, lanjut Masykur, mengikuti apapun aturan yang tertuang dalam peraturan perundangan yang berlaku. Kalau sekiranya pasukan Bawaslu menyeleweng, DKPP yang akan bertindak.

"Kami juga berharap Anggota DPRD dapat melaporkan jika memang ada jajaran pengawas yang tidak bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan," pungkasnya.

Penulis/Foto: Irwan

Editor : Pratiwi

Informasi Publik

Regulasi

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami