• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu dan Pramuka Kerjasama Awasi Pilkada 2018

6 September 2017

Sumedang, Badan Pengawas Pemilu - Pramuka dinilai memiliki peran untuk kritis dan aktif serta ikut bertanggungjawab dalam proses demokrasi di Indonesia. Untuk itu jelang Pilgub dan Pilkada Serentak 2018 mendatang Bawaslu akan mengandeng Pramuka untuk ikut mengawal proses pemilihan.

"Pramuka harus mengetahui apa itu pemilu, dan bagaimana pemilu itu dilaksanakan terutama bagi anggota Pramuka di tingkat penegak. Pramuka sangat berguna bagi Bawaslu kedepan dan kami menginginkan kaderisasi dan juga estafet bangsa ini dimulai dari teman-teman Pramuka yang mengerti apa itu pemilu dan bagaimana pemilu itu dilaksanakan," ujar Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja kepada sejumlah wartawan usai Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Perkemahan Bhakti Adhyasta Pemilu dalam Pilgub dan Pilkada Serentak 2018, di Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (6/9/2017).

Rahmat menambahkan, Pramuka bertanggung jawab terhadap proses demokrasi di Indonesia, sehingga Bawaslu RI secara sadar serta intens mengajak Pramuka mengawasi pemilihan umum di Indonesia melalui sosialisasi pengawasan partisipatif. Menurut dia, Pramuka adalah usia pemilih pemula untuk aktif, kritis dan mengetahui tentang proses pemilu. Tahapan pemilu 2018 mendatang membutuhkan perhatian serta pengawasan dari semua pihak yang salah yang salah satunya dari segenap anggota Pramuka.

Ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto menjelaskan, Perkemahan Bhakti Adhyasta dihadiri oleh seluruh anggota Pramuka di 27 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka di Jabar. Menurutnya, para peserta perkemahan akan dibekali oleh pengetahuan tentang kepemiluan dan pengawasan. Menurutnya, kerjasama antara Bawaslu dan Pramuka Kwarda Jabar adalah pertama di Indonesia.

Ratusan anggota Pramuka Kwarda Jawa Barat hadir dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipasi menyambut Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar dan 16 Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) tahun 2018 di Jabar. Bawaslu Jabar menggandeng Pramuka sebagai langkah pendidikan politik sejak dini dan sekaligus ikut mengawasi jalannya Pemilu.

Penulis dan Photo: Nurisman
Editor : Haryo

Informasi Publik

Regulasi

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami