• English
  • Bahasa Indonesia
  • Perkecil
  • Normal
  • Perbesar

Konsolidasi Undang Seluruh Kasek, Bawaslu Bertekad "Hattrick" Opini WTP

13 Juli 2017

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan Badan Pengawas Pemilu Semester I Tahun 2017 yang transparan, akuntabel dan sesuai dengan standar Akuntasi Pemerintah, Bawaslu RI mengumpulkan seluruh Kepala sekretariat (Kasek) seluruh Indonesia di Hotel Santika Premiere Jakarta,  Kegiatan yang dimulai tanggal  11 s.d. 13 Juli Tahun 2017 ini digelar guna mendukung pencapaian target Laporan Keuangan Bawaslu RI berpredikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Kegiatan ini bertujuan untuk konsolidasi dalam menyusun laporan keuangan para Satuan Kerja (Satker) Bawaslu Provinsi untuk memberikan pemahaman yang utuh dan menyeluruh untuk dijadikan Laporan Keuangan Bawaslu RI guna menuju penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2017,” ujar Kepala Biro Administrasi Sekretariat Jenderal Bawaslu RI Dermawan Adhi Santoso saat menyampaikan laporan ketua panitia, Selasa, (13/7/2017) malam.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut Ketua Bawaslu RI Abhan serta dihadiri oleh Anggota Bawaslu RI Rahmad Bagja, Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro, Kepala Biro Administrasi Dermawan Adhi Santoso, Kepala Bagian Keuangan Pakerti Luhur serta staf keuangan di lingkungan Sekretariat Bawaslu RI serta Kepala sekretariat peserta seluruh Indonesia.

 

Sekretaris Jenderal Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro mengatakan laporan-laporan keuangan Bawaslu RI berhasil mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam dua tahun berturut-turut. “Saya yakin, Insyaallah kita meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) juga tahun 2017 ini. Kenapa saya yakin karena kita punya modal besar pengalaman, sekarang tinggal dukungan dan doa dari kalian semua para Kasek,” ujarnya.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan dalam pembukaan kegiatan tersebut. Ia menegaskan komitmen untuk meraih WTP Tahun 2017 bukanlah sesuatu yang sulit karena Prestasi Bawaslu RI mendapatkan WTP dua tahun berturut-turut. “Saya juga yakin bersama anggota Bawaslu RI lainnya, dalam menggurus laporan keuangan Bawaslu RI seperti Pak Sekjen sampaikan, tinggal kita ikhtiar serta kerja keras dan doa kalian seluruh komponen jajaran kesekretariatan Bawaslu Provinsi untuk mewujudkan tekad dengan kerja nyata untuk mendapatkan WTP tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

 

Bawaslu Provinsi beserta seluruh komponen kesekretariatan merupakan ujung tombak dalam penyusunan laporan keuangan sehingga apresiasi yang tinggi pantas diberikan berkat support serta  tugasnya dalam konsolidasi penyusunan laporan keuangan Bawaslu RI. “Pesan Presiden dalam laporan keuangan di bogor mengatakan Kementerian dan lembaga Negara sebuah keharusan mampu menggurus laporan keuangan negara  secara betul, transparan dan akuntabel dan alhamdulilah bukan kesombongan atau riya kita mampu mewujudkan prestasi tersebut dua tahun berturut-turut”, tegas Abhan.

 

Anggota Bawaslu RI, Rahmad Bagja selaku Kordiv Penyelesaian sengketa dan Wakil Kordiv SDM dalam arahannya menyampaikan,  konsolidasi penyusunan laporan keuangan pertama di tahun 2017 ini akan terjadi banyak hal perubahan  di Bawaslu ini, dengan konsolidasi ini diharapkan teman-teman di Kesekretariatan Bawaslu Provinsi untuk serius dalam menyusun laporan keuangan sehingga dapat dipertanggungjawabkan guna kita meraih WTP Tahun 2017 ini. “Karena pertanggungjawaban yang baik dengan mengedepankan akuntabiitas juga transparansi serta mentaati asas-asa dan prinsip-prinsip dalam membuat laporan keuangan dari Bawaslu RI yang merupakan amanat UU No 28 tentang penyelenggaran keuangan yang baik menjadi modal prestasi kita mendapatkan WTP sebanyak dua kali berturut-turut” ujar Rahmad Bagja Anggota Bawaslu RI.

 

Penulis dan Photo: Nurisman  

Informasi Publik

Regulasi

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami