• English
  • Bahasa Indonesia

Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PhD.

3 Juli 2017

Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PhD. -Divisi Hukum


Fritz Edward Siregar lahir di Medan, Sumatera Utara, 27 November 1976. Fritz merupakan pengajar hukum tata negara di STH Indonesia Jentera. Dalam dunia pemilu, Fritz mengawali karirnya sebagai Staf Khusus di Sekretariat Panitia Pengawas Pemilihan Umum Tingkat Pusat tahun 1999 dan sebagai pemantau pemilu tahun 2004.

Anak laki-laki pertama dari lima bersaudara. Memiliki dua orang kakak perempuan, satu adik laki-laki, dan satu adik perempuan. Meskipun berasal dari keluarga Batak, di mana anak laki-laki memiliki keistimewaan dalam keluarga, orang tua memperlakukan anak-anaknya dengan cara yang sama. Justru sebagai anak laki-laki, Fritz mendapat pendidikan yang lebih keras dari sang ayah.

Sejak kecil diberi kebebasan untuk berorganisasi, yang membuat aktif di Pramuka, kegiatan keagamaan sekolah dan OSIS sejak di SD sampai dengan SMA. Kegiatan di luar rumah seperticampingataupun gerak jalan, yang menyebabkan sering tidak berada di rumah, didorong oleh orang tua, meski dengan pertanyaan yang menyelidik sesampainya di rumah. Beruntung orang tua memberikan kebebasan untuk berekspresi, tidak terlalu mengekang, dan membiarkan berkreasi secara mandiri.

Kepercayaan tersebut memberikan watak kepemimpinan dan menghargai setiap kepercayaan yang diberikan. Pada saat harus meninggalkan rumah (Medan) untuk menyelesaikan S1 di Universitas Indonesia, Depok, orang tua dengan ikhlas melepaskan kepergian dengan tenang. Mereka yakin akan baik-baik saja, mengingat pada zaman itu komunikasi dan teknologi tidak secanggih saat ini. Kepercayaan tersebut menyakinkan bahwa proses pendidikan yang orang tua lakukan, memberikan pemahaman tentang apa artinya tanggung jawab dan kemandirian.

Selalu menyeimbangkan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang ayah dan suami. Meskipun tidak ideal, selalu berusaha untuk dapat meluangkan waktu setiap hari Sabtu dan Minggu untuk dapat menikmatin waktu yang berkualitas bersama keluarga dalam menjalankan kegiatan bersama.

Keluarga adalah tempat di mana tumbuh dan besar. Akan tetapi berdasarkan pengalaman, kebebasan yang diberikan memberikan kemandirian untuk dapat bertindak. Teman dan keluarga diperlukan untuk memberikan kekuataan pada saat lemah dan memberikan penghiburan saat sedang dalam kedukaan.

Sebelum menjadi anggota Bawaslu, Fritz menjadi Dosen Hukum Tata Negara pada Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera (STHI Jentera). Diberi tanggung jawab menjadi Ketua Unit Akreditasi dan Penjaminan Mutu.

Organisasi yang sekarang ini diikuti adalah Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN), Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI), Australia Indonesia Youth Association (AIYA) Chapter New South Wales, dan IDEA University of New South Wales.

Pertama kali terlibat dengan isu kepemiluan dimulai pada tahun 1999 saat membantu Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu. Saat itu menjadi bagian bagaimana peran Panwaslu di awal berdiri. Sebagai lembaga baru, Panwaslu tidak saja harus mampu memperkenalkan konsep pengawasan pemilu yang sebelumnya tidak pernah ada, akan tetapi Panwaslu juga harus berjuang menunjukkan eksistensi kepada KPU dan partai politik.

Pada tahun 2004, setelah kembali dari mengambilMaster of Lawdi Belanda, bergabung denganInternational Foundation for Election System (IFES),sebagairule of law project officer. Tugas utama saat di Mahkamah Konstitusi adalah menyelesaikan "sengketa penghitungan suara pemilu legislatif dan pemilu presiden". Saat itu, Indonesia belum pernah mengenal apa yang dimaksud dengan sengketa suara. Bersama dengan berbagai ahli dan hakim dari Meksiko, Amerika Serikat, dan Filipina untuk berbagi pendapat dengan apa yang dimaksud dengan sengketa penghitungan suara pemilu. Banyak berkantor di Mahkamah Konstitusi dan berkenalan dengan isu-isu konstitusi dan demokrasi, yang pada akhirnya diajak oleh Prof. Jimly Asshidiqqie menjadi Asisten Hakim di Mahkamah Konstitusi.

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Link Bawaslu Provinsi

Agenda Bawaslu

Bawaslu Live Stream

Hubungi Kami