• English
  • Bahasa Indonesia

Update Pungut Hitung : Bawaslu Temukan Pemilih Siluman

altMakassar, Bawaslu– Ketua Bawaslu RI Muhammad, memberikan hak suaranya di TPS 2 Kelurahan Malimongan Kecamatan Wajo, Makassar Sulawesi Selatan, Rabu (9/4). Selanjutnya Muhammad melakukan pengawasan pemungutan suara di sejumlah TPS di Kota Makassar.

Muhammad juga manyampaikan temuan yang ditemukan di TPS-TPS kepada kantor KPU makassar diantaranya  TPS 03 Kelurahan Maribar. Muhammad menemukan keterlambatan C1 DPR yang belum sampai di TPS.  Selanjutnya, di TPS 67 Lapas Makassar ditemukan jumlah isi surat suara yang tidak sesuai dengan yang tertulis pada amplop surat suara.

Ketua Bawaslu RI menyanyangkan terkait adanya dugaan Warga Negara yang menggunakan hak suara orang lain. Pemilih siluman tersebut adalah mahasiswa dan mahasiswi baru yang terdaftar pada sebuah universitas di Makassar. Dengan kepala yang botak pemilih siluman ini mendatangi TPS, dengan spontan menimbulban kecurigaan Panwaslu.

Dari hasil pemeriksaan ternyata mereka menggunakan hak suara orang lain, menurut Muhammad hal ini adalah pelanggaran pidana dan sangat serius,  tidak ada toleransi untuk hal ini.  

Menurut Tenaga Ahli Bawaslu RI Mulyadi, mereka menuruti perintah dari senior yang menjemput mereka. “Hal ini harus diklarifikasi dengan benar, jangan sampai mereka hanya sebagai korban politik partai dan politik kesenioritasan,” ujar Mulyadi.

 

Muhammad menginstruksikan kepada Bawaslu Sulsel dan jajarannya supaya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

Penulis        : Muhtar

Editor          : Falcao Silaban

alt

Ketua Bawaslu, Muhammad mengawasi pelaksanaan Pemilu Legislatif di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/4). Dalam pantauannya, ada sejumlah pemilih siluman yang dimobilisasi untuk memilih di salah satu TPS di Makassar. Selain itu, ia juga menemukan adanya pembagian sembako terhadap masyarakat satu hari jelang pungut hitung. [Foto-foto: Muhtar]

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu