Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

Tes TKB CPNS Bawaslu Wilayah DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Jabar

Sel, 09/12/2014 - 13:02 -- falcao

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Tes Kompetensi Bidang (TKB) dilaksanakan setelah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dinyatakan lulus ujian Tes Kemampuan Dasar melalui metode Computer Assisted Test (CAT). TKB diselenggarakan oleh Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Senin (8/12) di komplek GOR Soemantri Brodjonegoro gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan,Jakarta Selatan.  Adapun pelaksanaan TKB ini meliputi 3 tahapan yang dimulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB. Tes TKB diawasi langsung oleh Kepala Bagian Umum Bawaslu RI Roy M. Siagian.

​Tahapan pertama adalah ujian kemampuan bahasa inggris atau Test of English as a Foreign Language (TOEFL) sebanyak 50 soal pilihan ganda, sebagaimana Perubahan metode/tahapan seleksi CPNS Bawaslu RI Tahun 2014 berdasarkan Surat Menpan – RB Nomor B/3698/M.PAN-RB/11/2014 tanggal 6 Oktober 2014 perihal Informasi instansi yang akan melaksanakan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Selanjutnya tahapan kedua adalah test kemampuan bidang Hukum dan Kepemiluan yang terdiri dari 100 soal pilihan ganda. Dilanjutkan dengan ujian essay bagi peserta pelamar dengan kualifikasi pendidikan Ilmu Hukum, Pemerintahan, Sosial Politik/Politik, dan Komunikasi yang terdiri dari 6 soal.

Secara keseluruhan ujian TKB yang diikuti oleh 338 orang berjalan lancar, namun begitu, walaupun panitia telah memberikan kelonggaran waktu selama 15 menit dari waktu ujian yang sudah ditetapkan, raut wajah sedih dan penuh harap terlihat dari salah seorang peserta ujian CPNS dari bogor kerena terlambat datang 2 jam dari waktu yang telah ditentukan.

Setelah ujian, panitia memusnahkan soal-soal yang digunakan pada ujian. Dengan pemusnahan tersebut, diharapkan tidak ada soal yang disalahgunakan.

 

Penulis                        : Wisnu Broto

Editor                         : Falcao Silaban