Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

Sukseskan Pilkada, Bawaslu Dorong Kesadaran Politik Masyarakat Ternate

Sel, 02/06/2015 - 20:24 -- mzaint

Ternate, Badan Pengawas Pemilu - Pimpinan Bawaslu RI, Daniel Zuchron mengajak masyarakat Kota Ternate untuk terlibat secara aktif mengawasi pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan serentak pada Desember 2015 mendatang. Bawaslu mendorong masyarakat yang memiliki hak pilih agar memiliki kesadaran politik untuk menyukseskan pilkada.

“Pemilihan Kepala Daerah ini, langsung menyentuh pada individu-individu yang memiliki kesadaran politik, indikatornya usianya sudah mencapai taraf dewasa secara politik dan telah memiliki hak untuk memilih,” kata Daniel dalam Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholders dan Masyarakat dalam Rangka Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2015 di Kota Ternate Maluku Utara, Selasa (2/6).

Menurut Daniel, sudah menjadi kewajiban Pengawas Pemilu untuk memastikan pelaksanaan Pilkada serentak nanti berlangsung luber dan jurdil serta berkualitas.Namun, tugas Pengawas Pemilu akan terbantu ketika individu yang sudah memiliki hak untuk memilih juga memiliki kesadaran politik.

Kesadaran politik ini, lanjut Daniel, bukan hanya untuk menentukan pilihan politiknya. Tetapi juga sadar bahwa pemilihan yang manipulatif akan membebani masyarakat atau individu itu sendiri.Tidak hanya itu, hasil pemilihan yang legitimate akan mengurangi beban konflik pada pemerintah yang terpilih.

Maka dari itu, Koordinator Divisi Pengawasan tersebut melanjutkan, Pengawas Pemilu bisa dibantu bagi siapapun yang tidak terlibat dalam politik praktis. Yang memiliki kepedulian untuk mengawasi proses penyelenggaraan Pemilu, untuk ikut dalam pengawasan partisipatif.

“Tujuan dari sosialisasi ini, bagaimana menumbuhkan kesadaran pentingnya partisipasi yang riil untuk mengawasi secara aktif dari segenap masyarakat Kota Ternate khususnya. Dengan secara sadar dan sukarela datang ke TPS, dan mengikuti prosesnya sampai selesai,” kata Daniel.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Maluku Utara, Sultan Alwan menyampaikan harapannya bahwa sosialisasi tatap muka ini menjadi awal untuk meningkatkan sinergitas dalam rangka mengawal pilkada serentak 2015 khususnya di Maluku Utara. Diajuga mengapresiasi Pemerintah Kota Ternate dan Provinsi Maluku Utara atas dukungan fasilitasi terhadap Penyelenggara Pilkada.

“Dukungan pemerintah daerah terhadap Penyelenggara Pemilu dalam memfasilitasi pelaksanaan Pilkada sudah sangat memadai. Terutama telah ditandatanganinya semua NPHD untuk semua kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada di Maluku Utara,” ungkapnya.

Walikota Ternate, Burhan Abdurrahman dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini sangat strategis dalam menyongsong penyelenggaraan Pilkada Tahun 2015. Lantaran adanya perubahan-perubahan dalam ketentuan-ketentuan pelaksanaan Pilkada serentak nanti dibanding pilkada sebelumnya yang perlu disosialisasikan kepada semua pemangku kepentingan.

“Pemerintah Kota Ternate memandang bahwa Pilkada ini harus disukseskan dan berkaitan dengan masa depan Kota Ternate. Untuk itu, kita akan terus berkoordinasi dan memfasilitasi jajaran penyelenggara pemilu, termasuk Panwas Kota Ternate,” ujar Burhan.

Menurut dia, pemerintah Kota Ternate jauh-jauh hari telah mempersiapkan apa yang menjadi kewajiban pemerintah daerah dalam pelaksanaan Pilkada. Salah satunya adalah memastikan ketersediaan anggaran yang cukup sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan. Serta dukungan SDM dan sarana prasarana bagi penyelenggara pemilu baik untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupuan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

 

Penulis: Muhammad Zain Tarsang

Editor: Ira Sasmita