• English
  • Bahasa Indonesia

Sentra Gakkumdu Sangat Diperlukan Dalam Pilkada

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Pemilihan kepala daerah  (Pilkada) adalah  akses kedaulatan rakyat dan merupakan perwujudan hak politik rakyat untuk memilih langsung pemimpinnya. Hal ini dikatakan oleh Kejaksaan Agung, HM. Prasetyo saat menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) gabungan antara Komisi II dan III DPR RI dengan Kementerian Dalam Negeri, Polri, Kejaksaan Agung, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, di Ruang Sidang Komisi II, Kamis, (25/6).

Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 ini merupakan yang pertama dilaksanakan dalam sejarah Republik Indonesia. Dianggap akan terjadi konflik yang besar, segala persiapan dilakukan oleh penyelenggara (KPU dan Bawaslu) untuk menjadikan Pilkada yang demokratis.

‘’Pilkada serentak merupakan tantangan, namun juga kesempatan dalam mewujudkan demokrasi yang berkualitas. Pilkada yang jujur akan menghasilkan pemerintah daerah yang bersih dan berwibawa,’’ tambah Prasetyo.

Selain itu ia juga menyampaikan bebarapa tahapan yang dianggap akan menimbulkan kerawanan dan perlu diantisipasi. yaitu tahapan pendaftaran, tahapan kampanye, tahapan penetapan calon dan tahapan pada saat pemungutan suara serta tahapan penghitungan suara.

Sementara lanjut Prasetyo, setiap pelanggaran yang ada itu disiapkan waktu yang sangat singkat, sehingga akan sulit bagi kita mengharapkan penyelesaian perkara pelanggaran Pemilu dengan sempurna dan memuaskan. Oleh karenanya adanya Sentra Gakkumdu sangat diperlukan dalam menangani perkara pelanggaran Pemilu.

“Karena pengalaman pada Pileg dan Pilpres sangat membuktikan adanya Sentra Gakkumdu. Karena dapat mempercepat penyelesaian perkara Pemilu yang ada, dan menghindari kemungkinan bolak-baliknya perkara dari penyidik ke penuntut umum,’’ pungkasnya.

‘’Karena sudah menjadi satu atap antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan dalam Sentra Gakkumdu, diharapkan dapat menyelesaikan perkara Pilkada yang mungkin terjadi,’’ harapnya.

Penulis :  Irwan

Editor   :  Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu