Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

Road To Bawaslu Award 2016, Proses Seleksi Berlangsung Ketat

Min, 21/02/2016 - 14:25 -- Ira Sasmita
Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro memimpin proses penilaian terhadap Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi dalam beberapa kategori Bawaslu Award 2016, Sabtu, 20 Februari 2016

Yogyakarta, Badan Pengawas Pemilu - Menjelang pemberian anugerah Bawaslu Award 2016, proses seleksi telah dimulai dengan ketat. Proses seleksi dan penilaian melibatkan semua pimpinan Bawaslu RI dan Sekretaris Jenderal Bawaslu RI yang dilangsungkan di Yogyakarta mulai 19 Februari hingga 22 Februari 2016.

 

"Semalam kita terus melakukan proses seleksi yang dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro terkait pengelolaan dana hibah pilkada 2015 kemudian hingga saat ini penilaian Bawaslu Award terus dilakukan terkait katagori penyelesaian sengketa, penanganan pelanggaran, pengawasan tahapan, sampai penilaian pengawasan partisipatif," ujar Kepala Bagian Sosialisasi Dirja Abdul Khadir disela sela memantau proses penilaian Bawaslu Award 2016 yang diselenggarakan di hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta, Minggu (21/2).

 

Hingga tadi malam, telah berlangsung kegiatan penilaian terkait pengelolaan dana hibah penyelenggaraan pilkada 2015 dan pengelolaan Sekretariat terbaik. Penilaian juga mencakup bagaimana dukungan sekretariat dalammendukung penyelesaian penyelesaian sengketa, penanganan pelanggaran, pengawasan tahapan serta pengawasan.

Penilaian dilakukan oleh Pimpinan dan Sekjen Bawaslu RI dengan menggunakan metode wawancara secara langsung. Setiap Kepala Sekretarian dan pimpinan Bawaslu provinsi memaparkan materi terkait kategori presentasi yang telah diinformasikan sebelumnya kepada setiap provinsi.

 

Menurut Dirja, hasil penilaian di Yogyakarta akan dibawa ke pusat untuk diputuskan melaluli rapat pleno pimpinan. "Setelah seleksi yang dilakukan pada hari Jumat hingga saat ini penilaian akan berlanjut ke pleno, kemudian penilaian juga dilakukan dari tim independen juga hasil survei dalam bentuk kuesioner yang disebarkan kepada Bawaslu Provinsi dan Panwas Kabupaten/Kota yang mengawasi penyelenggaraan Pilkada Serentak 2015," ujarnya.

 

Sebagai bentuk apresiasi penyelenggara khususnya pengawas pemilu Bawaslu memberikan penghargaan kepada jajaran pengawas pemilu di daerah dengan diberikannya anugerah Bawaslu Award 2016. Selain jajaran pengawas pemilu, Bawaslu juga memberikan penghargaan kepada beberapa pihak di luar Bawaslu namun memiliki kontribusi dalam pengawasan pilkada serentak 2015.

 

Pemberian penghargaan tersebut dilakukan berdasarkan penilaian dari tim independen dan juga hasil survei dalam bentuk kuesioner yang disebarkan kepada Bawaslu Provinsi dan Panwas Kabupaten/Kota yang mengawasi penyelenggaraan Pilkada Serentak 2015. Bawaslu Award 2016 diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi Bawaslu RI atas kerja keras jajaran pengawas pemilu di seluruh Indonesia serta kerjasama yang baik yang telah di persembahkan oleh lembaga negara, pengamat Pilkada, pemantau Pilkada, media massa, dan penggiat pemilu tentunya dalam mengawal pilkada 2015, sehingga terwujudnya Pilkada yang berkualitas, berintegritas, dan bermartabat.

 

 

Penulis : Hendru Wijaya

Editor : Ira Sasmita