• English
  • Bahasa Indonesia

Pimpin Apel, Sekjen Bawaslu Beri Beberapa Arahan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro memimpin Apel Senin minggu ke-IV Bulan Januari, di halaman parkir gedung Bawaslu, (26/1). Dalam pidatonya, Gunawan memberikan beberapa arahan serta motivasi bagi pegawai sekretariat Bawaslu dalam pekerjaan.

Pertama, Sekjen mengungkapkan bahwa seluruh pegawai Bawaslu akan dilindungi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) dalam melaksanakan pekerjaanya. Hal ini penting sebagai bentuk kesehjateraan bagi pegawai.

"Nantinya, setiap iuran BPJS akan dipotong sebesar 25 persen dari gaji pegawai. Sedangkan sisanya sebesar 75 persen akan dibayarkan oleh Bawaslu," ujar Gunawan.

Sebelumnya, pegawai Sekretariat Jenderal Bawaslu sudah dilindungi oleh tenaga dokter dan perawat dalam klinik yang terdapat di lingkungan gedung Bawaslu. Namun, klinik tersebut digunakan untuk mengcover pegawai yang mengalami sakit biasa.

Kedua, Sekjen Bawaslu juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan evaluasi terhadap tenaga kontrak di lingkungan Setjen Bawaslu. Hal tersebut merupakan bentuk rasionalisasi kebutuhan kerja Setjen Bawaslu yang selama tahun 2015 akan berkurang.

Selain itu, Sekretariat Jenderal akan kedatangan sekitar 82 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bawaslu formasi tahun 2014, sehingga rasionalisasi kebutuhan tenaga kontrak Bawaslu wajib dilakukan.

"Saya senang bekerja dengan jumlah tenaga kerja yang sedikit namun efektif, seperti halnya yang dilakukan di (perusahaan) swasta. Daripada jumlah banyak namun justru sebaliknya," tutur Magister Ilmu Politik Universitas Indonesia itu.

Namun, tambah Gunawan, rasionalisasi pegawai kontrak akan dilakukan dengan seobjektif mungkin serta diindikasikan dari kinerja dan kedisiplinan dalam bekerja. "Pimpinan Bawaslu juga sudah melakukan rapat Pleno dan sepakat terhadap ketentuan tersebut, untuk menciptakan iklim kerja yang lebih baik," ungkapnya.

Penulis                 : Falcao Silaban

Foto                     : Abdul Hamid Idrus

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu