• English
  • Bahasa Indonesia

Perkenalkan, Ini Desa Anti Politik Uang Pertama di Indonesia

Warga Desa Murtigading, Bantul, D.I. Yogyakarta membubuhkan tanda tangan komitmen sebagai Desa Anti Politik Uang dalam Pemilu 2019.

Bantul, Badan Pengawas Pemilu – Warga Desa Murtigading, Bantul Provinsi D.I. Yogyakarta mendeklarasikan diri sebagai Desa Anti Politik Uang dalam Pemilu 2019, Minggu, (22/4/2018).

Komitmen warga Desa Murtigading untuk tidak menerima pemberian apapun dari para calon peserta pemilu ini, sudah dilakukan sejak Pemilu 2014 (Legislatif dan Presiden) silam dan juga saat Pilkada Bantul 2017 dan yang terakhir pada Pilkades lalu.

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menyatakan penghargaannya atas komitmen Warga Desa Murtigading tersebut. “Ini merupakan sejarah baik di Yogyakarta maupun di Indonesia karena sampai saat ini belum ada desa yang berani mendeklarasikan diri sebagai Desa Anti Politik Uang,” katanya.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu tersebut juga mengingatkan bahwa yang memberi dan menerima imbalan uang dalam menentukan pilihan merupakan hal yang terlarang dan diancam dengan sanksi pidana.

“Dengan deklarasi ini, kita sudah mengajak semua orang untuk menolak memberi dan menerima uang sebagai dasar dalam memilih pemimpin,” katanya.

Sementara ketua Bawaslu D.I. Yogyakarta Bagus Sarwono menyatakan harapannya bahwa Pemilu 2019 di D.I. Yogyakarta nanti menjadi pesta demokrasi yang mendidik, mencerdaskan dan tertib serta bersih dari praktik politik uang.

“Semoga gerakan anti politik uang ini bisa menginspirasi desa-desa lain khususnya di DIY agar dalam Pemilu 2019 nanti, tidak mau dilibatkan dalam praktek politik uang,” harapnya.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre
Waktu:
Senin, 16 April 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Hotel Prime Park Bandung

Video Bawaslu

Bawaslu Memanggil
Bawaslu Memanggil