• English
  • Bahasa Indonesia

Pemprov Gorontalo Kucurkan Rp 27,7 Miliar untuk Pengawas Pemilu

Pimpinan Bawaslu Nelson Simajuntak bersama Anggota Komisi II DPR Arteria Dahlan dan Kepala Kesbangpol Provinsi Gorontalo Adrian Lahay saat menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholders dan Masyarakat Dalam Rangka Persiapan Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boalemo Tahun 2017, Kamis (30/6)

Gorontalo,  Badan Pengawas Pemilu - Pemerintah Provinsi Gorontalo mengucurkan dana sebesar Rp27,7 Miliar kepada Pengawas Pemilu. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk menyelenggarakan pengawasan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2017 di Gorontalo.

 

"Pengalokasian anggaran pengawas pemilu yaitu Rp 27,7 Miliar dan kepada penyelenggara KPU Rp 77 miliar, " ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Gorontalo Adrian Lahay, saat kegiatan Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholders dan Masyarakat Dalam Rangka Persiapan Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boalemo Tahun 2017, Kamis (30/6).

 

Adrian mengatakan, dana tersebut dialokasikan untuk dukungan fasilitas dan personil kepada penyelenggara kepada KPU dan Bawaslu pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Gorontalo Tahun 2017. Diharapkan dana tersebut dapat memperkuat koordinasi antara pemerintah dan penyelenggara pemilu.

 

"Kami menyiapkan anggaran untuk tersebut untuk pemilihan Pilkada di Gorontalo serta melakukan sinergisitas kepada jajaran pemerintah daerah dan jajaran penyelenggara pemilu, " ujarnya.

 

Tak hanya untuk pengawasan, menurut Adrian dana tersebut juga akan difokuskan kepada pendidikan politik serta sosialisasi terhadap pemilih pemula. "Kami juga melakukan sosialisasi di seluruh kabupaten dan kota minus tiga kabupaten seperti, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo dan Kota Gorontalo, " ungkapnya.

 

Adrian menambahkan,  dengan pengalokasian anggaran tersebut pemerintah daerah berharap dapat menyukseskan Pilkada di Gorontalo. Pemerintah daerah dalam rangka memberi penguatan dalam menyukseskan pilkada akan menitikberatkan pada tiga hal yaitu, pendidikan politik,  menjaga stabilitas keamanan,  dan dukungan anggaran.

 

Kegiatan Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholders dan Masyarakat Dalam Rangka Persiapan Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boalemo Tahun 2017, bertujuan untuk memperkuat koordinasi antara Bawaslu Republik Indonesia dan Bawaslu Provinsi Gorontalo. Sosialisasi dengan stakeholder dan pemangku kepentingan dan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017. 

 

Penulis/Foto : Hendru Wijaya

Editor : Ira Sasmita

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu