• English
  • Bahasa Indonesia

Pemerintah Beri Sinyal Positif Penguatan Bawaslu

Batam, Badan Pengawas Pemilu - Pemerintah memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2015 yang dinilai berlangsung relatif sukses, aman, dan demokratis. Oleh sebab itu, ada wacana dari pemerintah untuk memberikan penguatan kepada Bawaslu terutama dalam kewenangannya menyelesaikan sengketa pemilihan.

"Mendagri (Tjahjo Kumolo) menyampaikan sinyal positif penguatan kewenangan sengketa satu pintu, yakni Bawaslu. Jadi, dalam rancangan ini tidak ada lagi keterlibatan KPU dan pengadilan," kata Ketua Bawaslu Muhammad, saat menutup acara Rapat Sinkronisasi Kegiatan Sosialisasi, Humas, dan Hubal pada Tahun 2016, di Batam, Selasa (22/12).

Menurutnya, rencana pemerintah ini di luar dugaan Bawaslu. Pihaknya sangat menyambut baik rencana tersebut dan menilai tantangan baru bagi Bawaslu ke depan untuk menerima peran dan tugas baru tersebut, terutama dalam rangka penyelenggaraan Pilkada yang berkualitas.

Selama ini, proses sengketa pemilihan memang dilaksanakan oleh pengawas pemilihan di setiap tingkatan. Namun, tindak lanjut dari rekomendasi yang dikeluarkan oleh pengawas pemilihan tergantung oleh KPU untuk menindaklanjutinya. Selain itu, keputusan pengawas pemilihan masih bisa diupayakan banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara.

Nantinya, menurut wacana pemerintah, keputusan sengketa pengawas pemilihan di tingkat kabupaten/kota dapat diupayakan banding ke Bawaslu Provinsi. Jika masih merasa tidak puas maka dapat diupayakan banding ke Bawaslu tingkat pusat untuk mendapat keputusan yang sifatnya final dan mengikat.

Di samping itu, tambah Muhammad, pemerintah sudah mewacanakan dalam revisi UU Pilkada, bahwa anggaran penyelenggaraan pilkada yang selama ini ada pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) akan ditarik ke Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Jadi penyelenggara tidak lagi 'merengek-rengek' lagi ke kepala daerah. Seperti yang sudah terjadi dimana beberapa daerah, anggaran kita terseok-seok. Bahkan baru diberikan pada saat injury time," tambahnya.

 

Penulis        : Falcao Silaban

Foto             : Muhammad Zain Tarsang

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu