• English
  • Bahasa Indonesia

Paslon Jambi Dukung Komitmen Sukseskan Pilkada Secara Demokratis

Tim pemenangan pasangan calon gubernur/wakil gubernur Provinsi Jambi nomor urut 1 Efendi Hatta dan tim pemenangan pasangan calon nomor urut 2 Supriyono membacakan isi dari komitmen untuk menyukseskan Pilkada secara demokratis, Senin (23/11). Pembacaan komitmen ini disaksikan oleh Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah.

Jambi, Badan Pengawas Pemilu – Kesuksesan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota perlu didukung penuh oleh peserta pemilihan, dalam hal ini pasangan calon (paslon) beserta tim pemenangannya. Di Provinsi Jambi, dua paslon gubernur/wakil gubernur diminta oleh Bawaslu untuk menjunjung komitmen dukungan guna menyelenggarakan pemilihan yang sesuai dengan aturan mainnya.

Dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Stakeholders Dalam Rangka Pendidikan Partisipatif Pengawasan Pemilhan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota Se-Provinsi Jambi Tahun 2015, Senin (23/11), dua paslon yang berhalangan hadir diwakili oleh tim pemenangannya ketika membacakan komitmen secara bersama-sama.

Tim pemenangan pasangan calon nomor urut 1 Efendi Hatta dan tim pemenangan pasangan calon nomor urut 2 Supriyono membacakan isi dari komitmen tersebut yakni mendukung sepenuhnya penyelenggaraan pemilihan yang demokratis dan berintegritas, tidak menggunakan cara-cara yang tidak demokratis dalam memperoleh dukungan masyarakat, dan bertekad dengan penuh kesungguhan tidak melakukan politik uang.

Sementara Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah tidak hentinya mengingatkan paslon maupun pemerintah daerah untuk tidak memanfaatkan program daerah. Menurutnya, besar potensi pemanfaatan program daerah dimanfaatkan oleh paslon. “Di beberapa daerah sudah ada yang ditangani oleh Bawaslu terkait pemanfaatan program daerah maupun kaitannya dengan netralitas ASN. Di Jambi sendiri kami sudah mulai mengendus adanya pemanfaatan program ini. Jadi kami ingatkan jangan sekali-kali ke luar dari aturan main yang ada,” ujar Nasrullah.

Nasrullah menegaskan, kini semua subjek hukum menjadi target pengawasan Bawaslu. “Meski Bawaslu tidak bisa mengeksekusi karena kewenangan yang terbatas. Namun Bawaslu sudah berkoordinasi dengan lembaga negara lainnya untuk bisa menindaklanjuti hasil pengawasan Bawaslu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing lembaga. Seperti di Sentra Gakkumdu bersama pihak kepolisian dan kejaksaan,” tegasnya.

Di samping itu Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Jambi mengajak seluruh pemangku kepentingan Provinsi Jambi untuk mengikuti tahapan pemilihan sesuai peraturan perundang-undangan. Selain itu juga mengambil pelajaran dari pengalaman pelaksanaan pilkada sebelumnya sehingga kualitas penyelenggaraan pilkada lebih baik, membangun komunikasi antar pemangku kepentingan lebih intensif, partai politik dapat menjalankan fungsi-fungsinya terutama dalam memberikan apresiasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih, dan mengeliminir adanya potensi konflik baik vertikal maupun horizontal.

“Kita juga perlu menjaga akuntabilitas dan transparansi lembaga penyelenggara pemilihan dan, jaga netralitas ASN, dan penegak hukum. Diharapkan seluruh jajaran pemerintahan juga turut membantu kelancaran berbagai tahapan pilkada. Penyelenggaraan Pemilu tidak hanya dibebankan pada penyelenggara Pemilu saja namun juga harus didukung seluruh pemangku kepentingan lainnya agar ada sinergitas bersama,” jelasnya.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Fauzan Khairazi mengatakan, rapat koordinasi maupun dukungan komitmen ini diupayakan dapat memberikan pemahaman, pengetahuan, dan penyamaan persepsi agar terwujudnya penyelenggaan pemilihan di Provinsi Jambi yang demokratis, profesional, dan berintegritas.

 

Penulis/Foto: Pratiwi/Abdul Hamid

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu