• English
  • Bahasa Indonesia

Nasrullah : Pencegahan Harus Jadi Garda Terdepan Pengawasan Pemilu

Komisioner Bawaslu RI, Nasrullah saat membuka Rapat Koordinasi Singkronisasi Program Divisi Sosialisasi Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, di Denpasar, Bali, Jumat (13/1)

Badung,  Badan Pengawas Pemilu -  Pimpinan Bawaslu Nasrullah mengatakan pencegahan harus menjadi prioritas utama dalam melakukan proses pengawasan Pemilu.  Upaya pencegahan merupakan garda terdepan dalam mengantisipasi pelanggaran Pemilu.

 

"Pencegahan harus jadi garda terdepan.  Mencegah itu tidak hanya pada wilayah proses pemilu dan hasil namun pada wilayah hulunya, " kata Nasrullah pada Rapat Koordinasi Singkronisasi Program Divisi Sosialisasi Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, di Denpasar, Bali, Jumat (13/1).

 

Koordinator Divisi Sosialisasi Humas dan Hubungan Antar Lembaga tersebut menjelaskan pencegahan pada wilayah hulu misalnya,  upaya Bawaslu dalam mencegah sebelum pelanggaran terjadi. Potensi-potensi pelanggaran harus ditekan sehingga tahapan Pemilu tidak diwarnai tindak pelanggaran oleh peserta Pemilu.

 

"Salah satu keberhasilan pemilu bukan banyaknya penanganan pelanggaran saja,  namun seberapa berhasil pengawas melakukan pencegahan sebelum pelanggaran terjadi. Pencegahan menjadi faktor utama dalam melakukan proses pengawasan," ujarnya.

 

Nasrullah mengatakan, keberadaan Bawaslu diharapkan dapat mendukung proses pembangunan demokrasi melalui Pemilu minim dari tindakan tidak terpuji seperti pelanggaran Pemilu.  Menurutnya, selama ini dalam konteks pencegahan Bawaslu sudah melakukan terobosan dan inovasi dalam melakukan pengawasan pada penyelenggaraan pemilu.  Hasilnya, Nasrullah menilai legitimasi Bawaslu secara kelembagaan lebih diakui di tengah masyarakat Indonesia.

 

“Penguatan pencegahan merupakan bagian dari impian kita untuk menguatkan eksistensi Bawaslu di tengah masyarakat,” ungkap Nasrullah.

 

Divisi Sosialisasi, Hubungan Masyarakat  dan Hubungan Antar Lembaga  yang dikomandaninya, lanjut Nasrullah, memiliki peran yang sangat strategis dalam penguatan kelembagaan Bawaslu. Menurutnya Divisi Sosialisasi dan Humas merupakan garda terdepan dalam hal melakukan sosialisasi dan publikasi pencegahan pelanggaran. Oleh karena itu, dia berharap peran divisi Sosialisasi dan Humas di Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota juga ditingkatkan.

 

"Divisi ini memiliki peran yang strategis termasuk Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota juga menjadi bagian dari upaya tersebut, " kata Nasrullah.

 

 

Penulis/Foto : Hendru Wijaya

Editor : Ira Sasmita

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu